Peringatan 1 Muharram 1444 H, PPMDI Gelar Maulid Habsyi, Zikir Bersama dan Tausiah

Barabai – Tahun baru Islam 1 Muharram adalah salah satu hari penting bagi umat Islam, dimana momen ini dikenang sebagai hari hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Untuk mengenang momen bersejarah ini, Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H di Aula PPMDI, Sabtu (30/7/2022).

Adapun rangkaian acara di mulai dengan pembukaan, pembacaan maulid habsyi, lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Fauziannor santri kelas 11 Aliyah, zikir bersama dipimpin oleh ustadz Halim Rofi, tausiah oleh ustadz Muhammad Ruliyadi dan ditutup dengan do’a.

Dalam tausiah, ustadz Muhammad Ruliyadi menyampaikan sejarah bagaimana tahun Hijriah bermula. Beliau juga menegaskan kepada santri tentang pentingnya hafal nama-nama bulan dalam tahun Hijriah dan mengharapkan para santri untuk selalu membiasakan penulisan tanggal Hijriah dalam keseharian.

“Nama-nama bulan Hijriah adalah Muharram, Shafar, Rabiul awal , Rabiul akhir, Jumadil ula, Jumadil akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah. Maka sebagai santri hendaknya kita harus hapal bulan-bulan hijriah tersebut,” Kata Ustadz Muhammad Ruliyadi.

Selesai acara peringatan 1 Muharram, selanjutnya acara bersambung dengan lomba Nasyid dan lomba da’i.

“Untuk memeriahkan acara. Kita juga mengadakan lomba antar santri, yaitu lomba nasyid dan lomba da’i,” ujar Ustadz Muhammad Ahsin Nabil selaku panitia pelaksana.

Pewarta : @abdu_sahaja
Foto : Tim dokumentasi dan publikasi