10 Santri PPM Darul Istiqamah Berlaga di OBA Nasional ke-6 Tahun 2023 Tingkat Provinsi Kalsel

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Sepuluh Santri/santriwati Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah kembali berlaga di tingkat provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) setelah mengantongi dan memborong gelar juara kabupaten pada Olimpiade Bahasa Arab Nasional (OBA) ke-6 tahun 2023 yang diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Se-Indonesia yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin. Sabtu (23/09/2023).

Kesepuluh santri/santriwati tersebut ialah: Jenjang SD/MI Negeri/Swasta: Hilwa Aisya Mumtaza, Nur Mawaddah, dan Wahib Khalfani Ahmado. Jenjang SMA/SMK Swasta: Nida Munirah, Mutia Julianur Rahmah, dan Muhammad Wafi Ramadhani. Adapun jenjang MTs Swasta: Rizka Zahratus Sa’bani dan Adhi Qodni Azzy. Jenjang MA Swasta: Nur Supiafitrah dan Elli Irmawati.

Salah satu pembimbing serta tutor peserta OBA ke-6 PPM Darul Istiqamah, Ustadzah Mawaddatur Rahmah, S.Pd akrab disapa Ustadzah Mawar, mengungkapkan santri/santriwati sudah diberikan penjelasan dan briefing tentang petunjuk teknis pelaksanaan dengan mengikuti simulasi yang digelar oleh panitia secara online.

“Semoga para peserta yang tampil dapat memberikan yang terbaik dan maksimal serta dapat kembali membawa pulang tren positif,” tutur Ustadzah Mawar.

“Para peserta nantinya harus menjawab beberapa soal melalui media platform Edubook yang sudah disediakan panitia,” tambah Ustadzah Mawar.

Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darul Istiqamah, Ustadz Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I yang turut serta mendampingi para peserta berangkat dan berkompetisi di OBA Nasional ke-6 tingkat provinsi untuk memperebutkan dan mendapatkan tiket OBA ke-6 tahun 2023 tingkat nasional nantinya.

“Bimbingan yang diberikan oleh pihak Pondok melalui tutor dan pelatih untuk lomba ini sudah optimal sebelum melaksanakan kompetisi di tingkat provinsi ini,” kata Ustadz Ruliyadi.

Pimpinan Pondok K.H. Hasan Basuni akrab disapa Murabbi dalam sambutannya ketika pelepasan para peserta, beliau sangat bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan, salah satunya adalah terpilihnya santri/santriwati PPM Darul Istiqamah sebagai perwakilan kabupaten ke tingkat provinsi untuk mengikuti perlombaan Akademik OBA ke-6 tahun 2023.

“Ini adalah indikasi bahwasanya santri-santriwati di Darul Istiqamah ini orangnya pintar-pintar dan hal ini membuat hati saya senang karena apa yang saya harapkan untuk PPM Darul Istiqamah ke depannya sudah mulai terwujud,” ucap Murabbi.

“Kalian yang di sini, yang ikut lomba sudah hebat dari yang lain. Menang atau kalah nantinya, murabbi tidak masalah. Dan tetap utamakan adab dalam berlomba nantinya,” pesan Murabbi kepada para peserta.

Sementara, salah seorang peserta olimpiade, Nur Supiafitrah mengatakan dirinya senang karena hal ini merupakan penampilan perdananya berlaga di OBA dan mampu melaju hingga tingkat provinsi namun harus tetap fokus dan siap untuk menampilkan apa yang sudah dipelajari oleh pembimbing.

“Semoga semua latihan dan bimbingan yang sudah kami jalani bisa mendapatkan hasil yang memuaskan pada kompetisi tingkat provinsi ini serta mohon doa serta dukungannya untuk kami bagi seluruh teman-teman Darul Istiqamah,” ungkap Nur Supiafitrah.

Penulis: MB
Editor: Ustadzah Lena Hanifah, S.H, LL.M, Ph.D
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA