Gelaran Bazar Festival Kuliner Warnai Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di PPM Darul Istiqamah

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023, Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah menggelar Bazar Festival Kuliner sebagai bentuk implementasi kewirausahaan. Berlokasi di aula PPM Darul Istiqamah Putra, Senin (23/10/2023).

Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Basuni melalui Ketua Pelaksana kegiatan Bazar Festival Kuliner HSN 2023, Ustadz Shufi Nur Saftiwan mengatakan, bazar tahun ini merupakan agenda kedua yang diadakan secara menyeluruh yang melibatkan santri putra dan putri serta seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di PPM Darul Istiqamah.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan, dimulai dari tahun tadi. Kegiatan ini diselenggarakan bertepatan pada momen HSN Indonesia, dengan tujuan untuk melatih para santri agar memiliki keterampilan dalam berwirauasaha guna mempersiapkan diri untuk menjadi santri yang mandiri di masa akan datang,” ucap Ustadz Shufi.

Bazar Festival Kuliner tahun ini sedikit menghadirkan perbedaan dari tahun sebelumnya, yaitu berupa menu hidangan dan regulasi tim atau peserta yang terdiri dari 12 kelompok dan dibatasi dari satu angkatan/kelompok hanya ada 10 santri putra atau putri yang terbaik dan terampil dalam memasak yang akan mewakilkan angkatannya dan dibolehkan memasuki booth stand bazar. Sedangkan santri putra dan putri yang tidak terpilih, dibolehkan membantu rekan-rekannya dari luar booth stand bazar.

Adapun menu makanan dan minuman yang dilombakan pada Bazar Festival Kuliner spesial HSN tahun 2023 ialah:

PUTRA
Kelas VII (tujuh) MTs: Es Buah & Es Degan (Serba Segar)
Kelas VII (delapan) MTs: Gorengan (Gorengan Maknyuusss)
Kelas IX (sembilan) MTs: Tela-Tela (Tela-Tela Aneka Rasa)
Kelas X (sepuluh) MA/SMK: Pentol Goreng (Pentol Juragan Kabul)
Kelas XI (sebelas) MA/SMK: Mie Bakso (Mie Bakso Jempol)
Kelas XII (dua belas) MA/SMK: Bakaran (BBQ Sempol Bakar)

PUTRI
Kelas VII (tujuh) MTs: Es Jeruk & Es Satrup (Sweety Drink)
Kelas VII (delapan) MTs: Es Cendol (Es Cendol Nusantara)
Kelas IX (sembilan) MTs: Salad Buah (Queen Salad)
Kelas X (sepuluh) MA/SMK: Jasuke (Uchiha Jasuke)
Kelas XI (sebelas) MA/SMK: Apam Barenda (Apam Acil Barenda)
Kelas XII (dua belas) MA/SMK: Pisang Lumer (Banana Rainbow)

Sekretaris Panitia Pelaksana yang turut hadir, Ustadz Syahrul Ramadhana menyampaikan ada 12 booth stand bazar pameran yang berdiri di aula PPM Darul Istiqamah putra. Semua booth stand diisi berbagai jenis makanan dan minuman tradisional hingga kekinian hasil olahan santri putra dan putri Darul Istiqamah.

“Makanan dan minuman yang dipamerkan, mendapatkan penilaian dari dewan juri Asatidz dan Ustadzaat yang berkompeten di bidang keterampilan memasak dan kewirausahaan. Seperti masakan dan minuman, santri putra dan putri tidak hanya mendapatkan nilai dari cara memasaknya, namun penyajiannya juga dinilai,” terang Ustadz Syahrul.

“Adapun hasil pendapatan dari bazar ini, sepenuhnya kembali ke santri putra dan putri yang berpartisipasi,” tutup Ustadz Syahrul.

“Alhamdulillah, hasil masakan santri putra dan putri sudah sangat bagus, cara penyajiannya pun sudah luar biasa bagusnya, tinggal dikembangkan lagi agar lebih kreatif dan inovatif ke depannya sehingga menghasilkan karya masakan yang lebih baik lagi,” kata Ustadz Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I, selaku dewan juri, saat ditemui di sela-sela bazar festival kuliner.

Salah satu peserta dari santri putra kelas XII (dua belas) MA, M. Noval sangat senang dengan diadakannya acara bazar festival kuliner ini.

“Kami senang dengan kegiatan ini, karena dari sini kami bisa belajar dan mendapat banyak ilmu serta pengalaman. Dan kami tahu bagaimana caranya berwirausaha yang baik dan benar serta menguntungkan,” ucap Noval.

Penulis: MB
Editor: Ustadzah Lena Hanifah, S.H, LL.M, Ph.D
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA