Kunci Sukses di Pondok dan Semua Kegiatan ialah Militansi: Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas

Prosesi pelantikan pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.102 masa percobaan periode 1445-1446 H/Mei-Juli 2024 M

Barabai (PPM Darul istiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Putri kembali menggelar agenda tahunan “Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) untuk pengurus lama Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) Gugus Depan (Gudep) 06.101 periode 1444-1445 H/2023-2024 M, sekaligus pelantikan pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.102 masa percobaan periode 1445-1446 H/Mei-Juli 2024 M”.

Rentetan kegiatan pergantian pengurus OPPM dan KGP gudep 06.102 diawali dengan LPJ dari masing-masing bagian pengurus lama OPPM periode 1444-1445 H/2023-2024 M pagi harinya, dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.102 masa percobaan periode 1445-1446 H/Mei-Juli 2024 M malam harinya. Sabtu Malam, 28 April 2024. Bertempat di aula PPM Darul Istiqamah Putri.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi serta menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan Hymne Oh Pondokku, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan OPPM dan KGP gudep 06.102 masa percobaan periode 1445-1446 H/Mei-Juli 2024 M.

Pimpinan pondok melalui Ustadzah Kiki Mustaqimah, Lc, menyampaikan bahwasanya beliau diberikan amanah oleh pimpinan pondok untuk melantik para pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.102 malam ini.

Perlu antum ketahui, ana di sini diberikan amanah oleh pimpinan pondok untuk mewakili beliau melantik antum semua,” terang Ustadzah Kiki Mustaqimah.

Adanya sambutan ini ialah untuk mengarahkan dan memahamkan kembali akan esensi dan nilai dari acara yang sedang dilaksanakan. Sebagaimana Falsafah pondok modern patah tumbuh, hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh dan sebelum hilang sudah berganti. Pondok modern mengajarkan siap dipimpin dan siap memimpin. Hal inilah yang mendasari bahwasanya pondok modern tidak akan pernah tidur selamanya, karena sejatinya istirahat bagi pondok modern ialah pergantian kegiatan bukan bersantai-santai,” pungkas Ustadzah Kiki dalam sambutannya pasca pelantikan.

Kunci sukses di pondok atau pun di dalam kegiatan serta dalam mengemban amanah yang suci nan sakral ini ialah Militasni. Militan ialah bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas serta mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Setiap organisasi harus mempunyai visi atau target untuk dicapai ke depannya, agar organisasi tersebut berjalan terarah dan selaras dengan apa yang ditargetkan,” lanjut Ustadzah Kiki.

Adapun kiat-kiat untuk dapat memperoleh nilai dan hasil dari sebuah target serta karakter militan, maka para santri putri harus menanamkan di dalam diri untuk tidak mengenal kata menyerah, tidak mengenal kata putus asa, tidak mengenal kata minder, tidak mengenal kata berhenti sebelum tercapai apa yang menjadi tujuan dan yang dicita-citakan serta siap menghadapi tantangan hingga rintangan di depan, sebesar apa pun rintangannya. Dan yang tidak kalah penting semua hal tersebut harus didasari kepada 3 hal yaitu, amanah, jujur dan ikhlas. Itulah yang membedakan kita dengan yang lainnya. Semoga kalian bisa menjadi qudwah hasanah untuk para adik-adik atau santri putri lainnya dan semoga sukses,” tutup Ustadzah Kiki dalam sambutannya.

Ketua OPPM yang baru lantik, Ukhti Anis noor Hikmah, mengucapkan “terima kasih kepada pondok yang telah memberikan wadah untuk kami dan teman-teman belajar leadership. Kami akan berusaha dengan semaksimal mungkin mengemban amanah ini, serta mohon do’a dan bimbingannya kepada para ustadzaat agar kami bisa lebih baik dari pengurus terdahulu“.

Jumlah keseluruhan santri putri kelas XI (sebelas) MA dan SMK yang dilantik menjadi pengurus baru sebanyak 57 orang untuk pengurus OPPM dan 6 orang santri putri untuk pengurus KGP gudep 06.102.

Setelah resmi dilantik dan disahkan sebagai pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.102, terlebih dahulu kedua pihak (pengurus lama dan pengurus baru) menandatangani surat mandat penyerahan kepengurusan, yang diserahkan oleh pengurus lama kepada pengurus baru, hingga akhirnya secara definitif para pengurus baru sudah resmi mengemban tugas masing-masing, dan diakhiri dengan pergantian tempat.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a oleh Ustadz Mahrian, S.Pd.

Penulis: Baqi
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA