Pelantikan OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka PPM Darul Istiqamah Putra: Tempat Persemaian Calon Pemimpin Masa Depan

Prosesi Pelantikan Pengurus OPPM dan KGP Gudep 06.101 masa percobaan periode 1445-1446 H/Mei-Juli 2024 M

Barabai (PPM Darul Isiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Putra kembali menggelar agenda tahunan “Pelantikan Pengurus Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) Gugus Depan (Gudep) 06.101 masa percobaan periode 1445-1446 H/Mei-Juli 2024 M”. Bertempat di aula PPM Darul Istiqammah Putra. Senin malam, 06 Mei 2024.

Pelantikan ini bertujuan untuk regerenasi etafet kepengurusan OPPM dan KGP gudep 06.101, sesuai dengan Tri Satya Santri Darul Istiqamah “siap dipimpin dan siap memimpin”. Sekaligus menandai berakhirnya kepengurusan OPPM dan KGP gudep 06.101 periode 1444-1445 H/2023-2024 M. Seluruh pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.101 masa percobaan periode 1445/1446 H dilantik oleh Putri Pertama Pimpinan Pondok, Ustadzah Elisa Hayatun, S.E., dengan disaksikan oleh para asatidz senior dan ustadzaat senior serta seluruh santri PPM Darul Istiqamah yang juga merupakan warga OPPM.

Pergantian pengurus OPPM dan KGP gudep 06.101 masa percobaan selalu diadakan setiap tahunnya, menjelang ujian akhir santri kelas XII (dua belas) Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini dimaksudkan agar santri kelas XII MA dan SMK bisa fokus belajar dan mempersiapkan dirinya menghadapi rentetan agenda akhir di PPM Darul Istiqamah, seperti Asesmen Madrasah, Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Ujian Lisan dan Ujian Tulis serta Tarbiyah Amaliyah hingga Haflatut Takhrij.

Pelantikan pengurus OPPM dan KGP gudep 06.101 masa percobaan periode 1445/1446 H terdiri dari 46 santri yang terbagi dalam 18 bagian untuk OPPM dan 6 divisi untuk KPG gudep 06.101. Adapun mereka yang mendapatkan amanah dilantik menjadi sebagai pengurus baru OPPM dan KPG gudep 06.101 seluruhnya berasal dari kelas XI (sebelas) MA dan SMK. Tidak hanya mengemban amanah baru, mereka yang dilantik juga berkesempatan mengenyam pendidikan baru dalam pengalaman sebagai pengurus organisasi.

Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Basuni melalui Putri Pertama beliau Ustadzah Elisa Hayatun, S.E., mengucapkan selamat bertugas kepada pengurus OPPM dan koordinator gerakan pramuka masa percobaan periode 1445-1446 H dan mengucapkan terima kasih kepada pengurus OPPM dan kordinator gerakan pramuka periode 1444-1445 H yang telah banyak membantu dan berbuat untuk kemajuan Pondok.

Anak-anak sekalian, hidup itu layaknya seperti bersepeda, kita harus tetap mengayuh agar sampai ke tujuan. Selain fokus kepada tujuan akhir kita, hal yang tdak kalah penting adalah proses sabar kita dalam menghadapi setiap hambatan dan rintangan yang mengahalangi daripada jalan menuju tujuan kita. Sabar inilah yang menjadi syarat akan keberhasilan kita dalam menggapai tujuan akhir kita, dan sabar itu seumur hidup,” terang Ustadzah Elisa pada mengawali sabutannya kepada para santri, asatidz dan ustadzaat yang hadir dalam acara pelantikan.

Lebih lanjut Ustadzah Elisa berpesan kepada seluruh santri untuk meningkatkan kualitas diri agar menjadi tonggak bangkitnya generasi muda berkualitas untuk pondok, bangsa dan agama.

Anak-anak sekalian, kalian harus belajar bagaimana mengelola kehidupan dengan baik. Dan di sinilah pondok berperan memberikan wadah kepada antum untuk memulai mengembangkan potensi antum hingga membentuk karakter individu antum, seperti ditunjuk menjadi pengurus kamar, bina damping, koordinator pramuka dll. Oleh karenanya kalian harus menjadi santri yang visioner dan percaya diri dalam mengatur adik-adik kalian. Karena dengan percaya diri, maka kamu telah menang sebelum kamu memulai,” pesan Ustadzah Elisa.

Karena sukses itu bukan hanya berbentuk materi, tapi ketika kalian bahagia mengerjakan apa yang kalian lakukan itu adalah kesuksesan juga. Oleh karenanya, raihlah kesuksesan kalian dengan kebahagian dengan cara menjadi manusia yang paling bermanfaat untuk orang lain,” tutup Ustadzah Elisa dalam sambutannya.

Sementara itu, OPPM terbaik terpilih periode 1444/1445 H, Akhi Abdi Nabil mengatakan, terima kasih kepada pondok yang telah memberikan kepercayaan dalam mengemban amanah keorganisasian Pondok Modern kepada kami.

Alhamdulillah kami dengan rekan-rekan OPPM dan KGP Gudep 06.101 periode 1444/1445 H dapat menyelesaikan tugas selama menjabat dengan Husnul Khotimah. Adapun kepada adik-adik pengurus yang baru, semoga kalian dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan dapat membantu pondok kita untuk lebih baik dan maju lagi dari sebelumnya,” Ujar Abdi Nabil.

Ketua OPPM terpilih masa percobaan periode 1445-1446 H, Akhi Muhammadanil Al-Faidhil, menuturkan dengan pergantian kepengurusan OPPM ini, “harapannya, kami sebagai pengurus OPPM yang baru dapat melaksanakan amanah ini dengan lebih baik dari pengurus sebelumnya, sebagaimana yang sering disampaikan bahwa menjaga apa yang sudah ada itu baik akan tetapi melakukan sesuatu yang baru yang positif itu lebih baik“.

Acara pelantikan pengurus OPPM dan KGP gudep 06.101 berlangsung khidmat dimulai dengan pembacaan struktur OPPM hingga KGP gudep 06.101 yang dibacakan Ustadz Suleman, S.Pd.I.

Acara diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Ustadz Halim Rofi’i, S.Pd.

Penulis: Baqi
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA