Matangkan Persiapan, MA Darul Istiqamah Gelar Simulasi KSM 2022

Suasana Simulasi KSM MA Darul Istiqamah 2022

Barabai – Dalam rangka memantapkan persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2022, Madrasah Aliyah (MA) Darul Istiqamah menggelar simulasi pada hari Selasa (9/8).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang guru MA Darul Istiqamah dan diikuti oleh 12 peserta KSM jenjang Madrasah Aliyah (MA) Matematika Terintegrasi Alya Rodhotul Ilmiati (XII IPA) dan Abdul Wahid (XI IPA), Fisika Terintegrasi Aulia Erika Oktavianti (XI IPA) dan Muhammad Fauzianoor (XI IPA), Biologi Terintegrasi Herdayanti (XI IPA) dan Muhammad Hafiz (XI IPA), Ekonomi Terintegrasi Naila Hasanah (XII IPS) dan
Irga Maulana (XI IPS), Kimia Terintegrasi Fasya Salsabila Majid (XII IPA) dan Ahmad Paisal (XII IPA), Geografi Terintegrasi Aulia Rahmi (XII IPS)
dan Muhammad Luthfi (XI IPS). Simulasi terbagi menjadi tiga sesi dengan durasi 120 menit untuk masing-masing sesi.

Kepala Madrasah (Kamad) Darul Istiqamah, Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I menyampaikan bahwa simulasi hari ini bertujuan untuk memantapkan persiapan KSM yang besok akan dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022. “Hari ini kita adakan simulasi agar peserta KSM siap saat pelaksanaan lomba besok. Dengan persiapan yang mantap, insyaallah pelaksanaan KSM dapat berjalan dengan lancar,” jelasnya.

KSM merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Mata pelajaran yang dilombakan terdiri dari mapel Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi dan Ekonomi untuk jenjang MA. Soal-soal KSM meliputi bidang keilmuan murni yang diintegrasikan dengan ilmu-ilmu agama Islam.

Irfani Rahman selaku proktor MA Darul Istiqamah menyampaikan alur dari kegiatan simulasi ini. “Simulasi KSM 2022 ini pada intinya untuk memastikan akun siswa bisa digunakan dan dapat login serta siswa berlatih mengerjakan soal KSM. Kegiatan ini penting agar setiap kendala dapat kita antisipasi sejak awal,” ujar Irfani.

“Simulasi ini sangat berguna, bermanfaat dan juga sebagai bahan pembelajaran bagi peserta KSM untuk ke tahap selanjutnya, agar pada saat pengerjaaan soal mereka tidak kebingungan dan tahu cara-caranya,” ungkap Irfani saat ditanya usai simulasi selesai.

Irfani Rahman menambahkan sudah melakukan persiapan matang dengan melakukan pengecekan semua fasilitas yang berkaitan dengan pelaksanan KSM.

“Alhamdulillah simulasi KSM berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan,” ucap Irfani.

Pelaksanaan KSM 2022 jenjang MA tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akan dilaksanakan secara terpusat di MAN 1 HST pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022 yang dibagi menjadi 3 sesi dari jam 08:30 – 10:30 Matematika dan Biologi, jam 11:00 – 13:00 Fisika dan Kimia, jam 13:30 – 15:30 Ekonomi dan Geografi.

Penulis: Baqi
Foto: Irfani