MI Plus Darul Istiqamah Laksanakan Simulasi ANBK

Barabai (MI Plus Darul Istiqamah) – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Darul Istiqamah melakukan simulasi Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di ruang Laboratorium Komputer, Rabu (28/09/22) s.d. Kamis (29/09/22).

Kepala MI Plus Darul Istiqamah Ahmad Rizqi Zaidi, S.Pd mengatakan peserta simulasi ANBK kali ini diikuti seluruh siswa kelas V (lima).

Lebih lanjut Rizqi menjelaskan tujuan diadakannya simulasi ANBK untuk menguji kemampuan server/sistem dan mengetahui gambaran soal yang akan diberikan di ANBK.

”Pada simulasi kali ini ditemukan beberapa kendala di awal membuka aplikasi, client gagal masuk, tetapi hal ini bisa diatasi oleh proktor dan teknisi,” jelasnya.

ANBK ini adalah pengganti dari Ujian Nasional Berbasil Komputer (UNBK) dimana tujuannya untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang dilaksanakan sekolah dengan melihat kemampuan siswa.

“ANBK terbagi menjadi tiga kategori penilaian yang pertama adalah Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi, kemudian survey karakter dan survey lingkungan belajar,” terangnya.

Wali kelas V Jamilatush Shalehah, S.Psi mengatakan para murid terlihat antusias mengerjakan soal walau ada beberapa siswa tidak mengerti tugas yang diberikan, “beberapa siswa kesulitan menjawab karena mungkin mereka belum terbiasa dengan soal-soal berbentuk online,” ucapnya.

Muhammad Rifqi Anwari selaku proktor ANBK MI Plus Darul Istiqamah menyatakan siap menyukseskan ANBK 2022 dengan mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan ANBK, “Seluruh tim ANBK sudah mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan ini, insyaallah kami siap menyukseskan ANBK 2022,” ujarnya.

Pada ANBK tahun ini, MI Plus Darul Istiqamah diwakili seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang.

Editor : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Rizqi
Editor : IB
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA