Kenalkan Rukun Islam Kelima, Santri PPM Darul Istiqamah Barabai Laksanakan Praktek Ibadah Haji

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Putra kembali melaksanakan simulasi praktik ibadah haji untuk santri angkatan tahun pertama, 16 s.d. 17 September 2022. Program tahunan ini diikuti sekitar 146 orang santri putra yang terdiri dari kelas VII Madrasah Tsanawiyah, kelas X Madrasah Aliyah dan kelas X Sekolah Menengah Kejuruan.

Para santri diajarkan proses pelaksanaan ibadah haji mulai dari melakukan Ihram, Wukuf di Arafah, Thawaf, Sa’i, Mabit di Muzdalifah, cukur rambut, melempar 3 Jumroh, Mabit di Mina, Thawaf Wada dan Tahalul.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengenalkan tata cara berhaji sejak dini melalui praktek ibadah haji demi meningkatkan pemahaman para santri tentang ajaran-ajaran di dalam agama Islam khususnya rukun Islam yang ke-5,” jelas Ustadzah Kiki Mustaqimah selaku perwakilan dari pimpinan PPM Darul Istiqamah.

Ketua panitia, ustadz Halim Rofi mengatakan kalau selama ini materi-materi ibadah Haji telah disampaikan dalam pembelajaran di kelas dengan teori, maka dengan praktik secara langsung di lapangan, para santri akan lebih memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji sesuai tuntunan Islam.

Lebih lanjut beliau berharap, kegiatan tersebut bisa masuk dalam memori para santri. Ia juga berdoa semoga semua yang mengikuti simulasi praktik ibadah haji ini suatu saat bisa betul-betul melaksanakan ibadah haji dan mendapatkan predikat haji mabrur.

“Mudah-mudahan kita semua nanti berkesempatan ziarah ke makam Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam dan berkesempatan melaksanakan ibadah haji dengan sempurna,” pungkasnya.

Penulis : Abdu
Editor: ib
Fotografer : Bagian Dokumentasi dan Publikasi