Monitoring Pelaksanaan UM, Kasi Penmad: UM Berjalan lancar Dengan Platform Moodle

Foto Kegiatan Monitoring di MA Darul Istiqamah

Kunjungan dari Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Drs. H. Adnan, M. Pd. I ke MA Darul Istiqamah dalam rangka Ujian Madrasah Kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022.

Barabai (Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah) – Hari ketiga pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Dalam jaringan (Daring) Tahun Pelajaran 2021/2022, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Kesiswaan (Kursis) Bidang Pendidikan Madrasah (Dikmad) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Drs. H. Adnan, M.Pd.I melaksanakan kunjungan dan monitoring pelaksanaan Ujian Madrasah Daring di MA Darul Istiqamah, Jum’at (18/03/22).

Didampingi, Kepala Madrasah (Kamad) dan panitia UM, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dikmad Kanwil meninjau kesiapan dan ruang panitia serta melihat langsung pelaksanaan UM Daring di ruang ujian Madrasah yang dalam pelaksanaannya menggunakan Platform Moodle.

H. Adnan kemudian memonitor teknis pelaksanaanya, jumlah peserta, kehadiran peserta ujian dan nilai (hasil akhir) per mata pelajaran dan memonitor ada atau tidak adanya kendala-kendala dan keluhan-keluhan yang dihadapai peserta selama ujian berlangsung.

Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dikmad Kanwil Prov. Kalsel mengapresisasi penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM) Daring di MA Darul Istiqamah. “Pelaksanaan Ujian Madrasah Daring (online) di MA Darul Istiqamah berjalan sesuai prosedur dan lancar, dengan menggunakan aplikasi (moodle) yang bagus dan luar biasa, dan mudah-mudahan kedepannya setiap madrasah bahkan seluruhnya bisa menerapkannya juga di tempat madrasahnya masing- masing mengingat dunia IT sudah fimiliar di kehidupan kita dan meminimalisir keuangan madrasah,” ungkapnya.

Sementara Pimpinan Pondok melalui Kepala MA Darul Istiqamah Muhammad Ruliyadi, S. Pd.I menyampaikan, pelaksanaan UM berjalan dengan baik dan lancar dan Kasi Kesiswaan dan Kurikulum beserta Staf melihat langsung pelaksanaannya di lapangan, tingkat kehadiran siswa (absensi siswa) dan juga nilai akhir (skor) masing-masing peserta setelah selesai mengerjakan soal UM per mata pelajaran.

“Mudah-mudahan dengan sistem seperti ini semuanya akan lebih mudah, dan tentu dengan situasi seperti sekarang ini inilah yang mungkin terbaik untuk dilaksanakan madrasah terkait sistem pelaksanaan ujian madrasah yaitu secara daring (online),” ucapnya.

Muhammad Ruliyadi juga berharap semoga kedepannya MA Darul Istiqamah bisa lebih baik dan maju lagi dan bisa menjadi tolak ukur kebaikan bagi madarasah lainnya.

Ujan Madrasah Daring di MA Darul Istiqamah diikuti sebanyak 110 peserta/siswa, terdiri dari 41 laki-laki dan 60 perempuan dengan kelas sebanyak 4 kelas.

Ujian Madrasah akan berlangsung dari tanggal 16 Maret s.d 02 April 2022 atau selama 11 hari dengan 2 sesi setiap harinya dari pukul 08.00 s.d 12.30 WITA dengan jumlah mata pelajaran sebanyak 20 mata pelajaran.

Penulis: Baqi
Foto: Adi
Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA