Pengelolaan Bank Sampah di PPMDI

Para Santriwati memilah jenis sampah yang sesuai kriteria bank sampah

Barabai (PPMDI) -.Bank sampah Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI), menjual hasil sampah daur ulang yang telah dipilah, Jum’at (11/02/22) di Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah melalui Bagian Kebersihan Ustadzah Risniati mengungkapkan, dalam pengelolaan bank sampah yang sudah beroperasi sejak tahun 2021 ini, Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah menabung di dua tempat yaitu yang pertama di bank sampah Urang Banua Desa Bawan (Urban Dewan) dan yang kedua di bank sampah Murakata yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Hulu Sungai Tengah (HST).

Menurut Ustadzah Risniati bank sampah ini sudah banyak memberikan timbal balik, baik itu hasil penjualan maupun hasil daur ulang. “Seperti pot dari plastik dan ban bekas maupun kerajinan tangan yang dipajang dalam ruang kesenian,” ungkapnya.

Ustadzah Risniati menambahkan, selain dipergunakan sebagai tempat transaksi jual beli sampah, juga digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk kegiatan pengembangan usaha oleh guru mata pelajaran prakarya.

Koordinator Bank sampah Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah Ustadz Muhammad Paturahman, S.Pd mengatakan sampah yang sudah terkumpul selama sepekan atau dua pekan kemudian dipilah sesuai kriteria sampah yang bisa dijual. Kemudian diserahkan ke bank sampah Urban Dewan atau bank sampah murakata dengan ditimbang terlebih dahulu bobot beratnya.

“Kriteria sampah yang dapat dijual berupa kardus, botol dan gelas minuman plastik, dan kertas bekas yang tidak terpakai. Hasil pemilahan sesuai jenis sampahnya dan sampah-sampah yang masih dapat di manfaatkan kembali”., Ujar Ustadz Paturahman.

Ustadz Paturahman menambahkan bank sampah merupakan program Pondok bagi santri dan mewajibkan seluruh santri menabung sampah di bank sampah Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah setiap harinya. Buku tabungan dibuatkan perkelas untuk mencatat jumlah sampah yang mereka serahkan ke pengelola bank sampah.

“Hasil penjualan bank sampah dimanfaatkan kembali untuk membenahi sarana dan prasarana yang berhubungan dengan sampah di Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah,” ujar Ustadz Paturrahman.

Kegiatan dari pengelolaan bank sampah di Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah diharapkan dapat mengendalikan dan mencegah datangnya berbagai macam penyakit terutama Covid-19, dan kebersihan lingkungan Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah dapat selalu terjaga.

“Mari kita kelola bank sampah ini secara komprehensif secara bersama-sama antara santri, pondok, madrasah dan pihak terkait di kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST),” kata Ustadz Paturrahman.

Usai transaksi sampah, perwakilan bank sampah murakata, Rahmatullah mengungkapkan sangat berterima kasih kepada Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah yang dapat bekerjasama dalam pengelolaan sampah ini. “Semoga dengan adanya kerjasama ini, dapat menambah manfaat dalam mengelolaan sampah, dapat tercipta lingkungan Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah semakin bersih,” ungkap Rahmat.

Debby Satria santri kelas akhir sangat senang dan berterimakasih dengan adanya pengelolaan bank sampah di Pondok Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah. “Pengelolaan bank sampah ini menjadikan keberadaan lingkungan pondok akan tercipta rapi dan indah,” Pungkasnya.

Penulis: Baqi
Foto: Saudah, Risniati