PPM Darul Istiqamah Gelar Ta’hil Mudarrisin (Peningkatan Kompetensi Guru)

Barabai — Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah kembali melaksanakan kegiatan Ta’hil Mudarrisin (peningkatan kompetensi guru) untuk para asaatidz/ustadzaat yang mengajar di bidang kurikulum pondok bertempat di ruang pertemuan pondok putri, Selasa malam (17/01/23).

Kegiatan yang sudah berlangsung dari tahun 2020 ini merupakan salah satu langkah dan program dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) asaatidz/ustadzaat yang digagas dan diprakarsai oleh Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc, dengan tujuan untuk meningkatkan peranan serta kemajuan para asaatidz/ustadzaat di PPM Darul Istiqamah.

“Upaya yang kita lakukan ini untuk memantapkan kembali pemahaman pelajaran metodologi pengajaran yang dimiliki oleh setiap asatidz/ustadzaat sehingga benar-benar mahir, menguasai materi dan mampu menyampaikan materi yang akan mereka ajarkan kepada para santri,” papar Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc, sekaligus pembimbing pada kegiatan ini yang merupakan salah satu alumnus Universitas Al-Azhar Kairo Mesir tahun 2022. Beliau mengambil Fakultas Ushuluddin, Jurusan Ilmu Hadits dan lulus dengan predikat Jayyid Jiddan Ma’a Martabah Syaraf (sangat baik). Sebelum melanjutkan pendidikan ke timur tengah Ustadz Nailul pernah mengenyam Pendidikan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur. Kemudian melanjutkan ke Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

Pendidikan dan pengajaran memiliki peranan penting dalam suatu proses pembelajaran di lembaga pendidikan dan akan menjadi tolak ukur tersendiri. PPMDI mengupayakan dan berusaha untuk lebih dalam hal peningkatan kualitas asatidz/ustadzaat. “Karena sosok pendidik akan menjadi uswah atau contoh bagi para murid-muridnya. Maka dari itu dilakukannya langkah dan program dengan tujuan untuk meningkatkan peranan serta kemajuan para asatidz/ustadzaat di PPM Darul Istiqamah,” tambah Ustadz Nailul Fadli.

Bagi guru pengampu mata pelajaran pondok diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Ta’hill Mudarrisin sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Guru pengampu mata pelajaran terlihat bersemangat dalam mengikuti kegiatan Ta’hill Mudarrisin.

Adapun materi kurikulum pondok dalam ta’hil ini mencakup: Tamrin Lughah, Lughah Arabiah, Tamrinat, Mahfuzat, Muthola’ah, Qira’atur Rasyidah, Nahwu, Shorof, Insya, Imla, Stories In English, Grammar, English Lesson, Fiqih Wadhih, Tajwid, dan Khot Arabie.

Pengampu mata pelajaran fiqih wadhih dan tajwid ustadz Halim Rofi’i pengampu mata pelajaran fiqih wadhih dan tajwid merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

“Senang dengan adanya kegiatan ini, kami para asatidz sangat terbantu, lebih fresh dan semangat lagi sehingga jadi lebih siap untuk menyampaikan ilmu kepada para santri,” ujar Ustadz Halim.

Penulis: Baqi
Foto: Halim, Mawaddah