Usbu’ut Ta’aruf Sebagai Cara Mengenalkan Pondok Kepada Para Santri

Barabai – Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) kembali mengadakan kegiatan Usbu’ut Ta’aruf atau pekan perkenalan untuk para santri terkhusus santri baru Tahun Pelajaran 2022-2023. Dikoordinir oleh ustadz Syahrul Ramadhan, usbu’ut ta’aruf ini di laksanakan dari tanggal 19-23 Juli 2022. Dan diikuti oleh seluruh santri PPMDI.

Acara tersebut bertempat di aula besar PPMDI Putra. Dibuka oleh panitia pelaksana ustadz Syahrul Ramadhan. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib pondok sekaligus pengenalan guru, lingkungan pondok, dan para pengurus organisasi pelajar. Selanjutnya beramai-ramai menyanyikan lagu Hymne Oh Pondokku.

Selama sepekan penuh banyak materi yang akan disampaikan pada acara usbu’ut ta’aruf. Ustadzah Elisa Hayatun, SE sebagai salah satu pemateri dengan judul materi “motto dan panca jiwa pondok” menyampaikan bahwa santri dalam menjalani kehidupan di pondok harus mengetahui dan mengamalkan motto dan panca jiwa pondok.

“Bunyi pertama panca jiwa pondok adalah keikhlasan. Keikhlasan harus mulai ditanamkan semenjak masuk pondok,” kata ustadzah Elisa Hayatun, SE

Bunyi panca jiwa pondok: 1. Keikhlasan 2. Kesederhanaan 3. Berdikari 4. Ukhuwah Islamiyah 5. Kebebasan.

Dan motto pondok : 1. Berbudi tinggi 2. Berbadan sehat 3. Berpengetahuan luas 4. Berpikir bebas.

Dan pada kesempatan itu juga dibuka sesi tanya jawab. Banyak santri antusias bertanya, diantaranya santri bernama Ilham menanyakan kepada ustadzah Elisa Hayatun,SE bagaimana cara cepat beradaptasi di pondok?

“Perkenalkan nama saya Ilham, saya mau bertanya bagaimanakah cara agar cepat bisa beradaptasi di PPMDI?” tanyanya.

“Caranya adalah kita harus selalu aktif dalam bersosialisasi dan berkegiatan,” jawab ustadzah Elisa Hayatun,SE.

“Alhamdulillah acara usbu’ut’ ta’aruf yang dilaksanakan hingga hari kedua ini berjalan dengan lancar. Terlihat jelas diraut wajah para santri bahwa mereka sangat menikmati kegiatan yang diadakan. Semoga acara ini bisa menjadi awal perkenalan yang baik bagi mereka,” ucap ustadz Shufi salah satu panitia pelaksana.

Penulis : @abdu_sahaja
Foto : Bagian dokumentasi dan publikasi