18 Santri PPM Darul Istiqamah Lakukan Simulasi KSM Tahun 2023

Barabai (PPM Darul Istiqamah) — Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah melaksanakan simulasi Kompetesi Sains Madrasah (KSM) secara daring, Kamis, (06/07/2023) bertempat di laboraturiom komputer PPM Darul Istiqamah.

KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Istiqamah Barabai merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan PPM Darul Istiqamah Barabai turut berpatisipasi dalam simulasi KSM tahun 2023 ini dengan mengikutsertakan santri/santriwati terbaik di bidang mata pelajaran (mapel) yang dilombakan pada tiap jenjang madrasah.

Simulasi KSM diikuti 18 santri/santriwati PPM Darul Istiqamah, yaitu dari jenjang Madrasah Aliyah (MA) Muhammad Fauzianoor dan Rahmani Qolbiana mapel Matematika Terintegrasi, Jamaliah dan Ahmad Saubari mapel Fisika Terintegrasi, Herdayanti dan Abdul Wahid mapel Biologi Terintegrasi, Irga Ramadani dan Azkia Naisa Zulfa mapel Ekonomi Terintegrasi, Muhammad Radhitya Pratama dan Syahwa Maghfira Anjani mapel Kimia Terintegrasi, dan Muhammad Noor dan Baiti Istata Illaihi Sabila mapel Geografi Terintegrasi. Adapun dari jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammad Nazriel Alief dan Qathrinnida Adzkia mapel IPA Terpadu, Muhammad Fahriza dan Nawal Azkiya mapel Matematika Terintegrasi, dan Mohammed Raihan Al Bahri dan Zahwa Magfira Hamidah mapel IPS Terpadu.

Dilaksanakannya simulasi KSM ini bertujuan untuk memantapkan persiapan KSM tahun 2023 tingkat kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), yang akan dilaksanakan pada 08 Juli mendatang untuk jenjang MA dan 09 Juli untuk jenjang MTs.

Pimpinan Pondok melalui Kepala MA Darul Istiqamah Ustadz Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I mengatakan simulasi KSM merupakan pengalaman menggunakan aplikasi bagi santri/santriwati peserta lomba untuk menghadapi kompetisi yang tidak lama lagi di gelar, peserta yang melakukan simulasi tersebut memiliki kemampuan dan berbakat dalam pengetahuan eksak, sosial maupun agama.

“Di simulasi inilah kesempatan mereka menguji kemampuan dan kesiapan menghadapi ajang KSM,” ujar Ustadz Ruliyadi.

“KSM ini adalah ajang bergengsi antar madrasah dan ia berharap ada kesempatan bagi para siswa untuk berprestasi sampai ke tingkat nasional. Tentunya pada saat pelaksanaanya nanti kita tidak ingin terkendala dengan hal-hal teknis. Itulah makanya simulasi ini sangat penting,” lanjut Ustadz Ruliyadi.

Senada dengan itu, Koordinator Lomba Akademik PPM Darul Istiqamah, Ustadz M. Irfani Rahman, S.Pd mengatakan puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wata’ala di mana MA dan MTs Darul Istiqamah telah sukses melaksanakan simulasi KSM tingkat kabupaten HST.

“Untuk simulasi MA dilaksanakan pada 5 Juli 2023 dengan 3 sesi dan MTs dilaksanakan pada 6 Juli 2023 dengan 3 sesi. Setiap mata pelajaran diikuti 2 peserta didik atau santri/santriwati,” ungkap Ustadz Irfani.

Dikatakannya lagi, untuk sesi 1 pada jenjang MA Mapel Matematika dan Biologi Terintegrasi, sesi 2 Mapel Fisika dan Kimia Terintegrasi, dan sesi 3 Ekonomi dan Geografi Terintegrasi. Pada jenjang MTs Mapel Matematika Terintegrasi, sesi 2 Mapel IPA Terpadu, dan sesi 3 Mapel IPS Terpadu.

“Harapannya dengan adanya simulasi KSM Tahun 2023 ini, seluruh peserta didik bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Madrasah dan KSM nantinya bisa berjalan dengan lancar,” tutup Ustadz Irfani.

KSM tahun 2023 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat)

Penulis: Baqi
Foto: Irfani