19 Siswa MAS Darul Istiqamah Berkompetisi di OSN-K Tahun 2024

Barabai (MAS Darul Istiqamah) – 19 Siwa Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Darul Istiqamah berkompetisi dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten tahun 2024, menggunakan komputer secara semi daring, bertempat di ruang Laboraturium Komputer madrasah, Selasa (26/03/24).

OSN SMA/MA/sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) diperuntukkan untuk peserta didik SMA/MA/Sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah/madrasah masing-masing.

Pelaksanaan OSN-K tahun ini digelar selama dua hari, yakni tanggal 26 s.d. 27 Maret 2024 dari pukul 09.00 Wita s.d. selesai. Adapun bidang lomba Mata Pelajaran (Mapel) yang dikompetisikan pada hari ini adalah bidang lomba Matematika, Biologi, Fisika, Geografi, dan Informatika. Sedangkan untuk bidang lomba Kimia dan Ekonomi dilaksanakan pada besok hari dari jam 09.00 Wita s.d. selesai.

Pimpinan pondok melalui Kepala MAS Darul Istiqamah, Ustadz Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I, yang turut hadir dalam pelaksanaan kompetisi OSN-K menyampaikan harapannya kepada delegasi MAS Darul Istiqamah agar dapat menjawab semua soal dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal dalam pelaksanaan OSN-K tahun 2024 ini.

“Alhamdulillah, delegasi MAS Darul Istiqamah dapat berpartisipasi dalam ajang prestasi Akademik Nasional tahun ini, yaitu OSN tahun 2024 tingkat kabupaten. Kami ucapkan terima kasih kepada murabbi dan ummi yang selalu mendukung keterlaksanaan kegiatan positif di pondok, baik dari bidang akademik seperti OSN ini maupun bidang non akademik,” ungkap Ustadz Muhammad Ruliyadi.

Mohon do’a dan dukungannya dari Murabbi dan Ummi serta seluruh dewan asatidz wal ustadzaat untuk kesuksesan dan kemengan santri putra dan santri putri yang mengikuti lomba OSN 2024 tingkat Kabupaten. Semoga para delegasi MAS Darul Istiqamah mendapatkan hasil yang terbaik menurut Allah Subhanahu Wata`ala,” tutup Ustadz Muhammad Ruliyadi.

Para delegasi MAS Darul Istiqamah yang berkompetisi di OSN-K pada bidang lomba Matematika diwakili oleh Aisyah Alya Luthfa, Putri Divany Nur Amalia dan Muhammad Abizar Al Ghifari Athailah. Bidang lomba Fisika diwakili oleh Siti Mas’adah Maliah, Eka Zuraida Williyanti, Nia Amilia Azkia dan Munda Aditya Samosir. Bidang lomba Kimia diwakili oleh Dhita Azarine Rafidah, Syah Al Ghaniyy dan Muhammad Iqbal. Bidang lomba Biologi diwakili oleh Najma Liya Annisa, Hikmatul Aulia dan Najwa Verah. Bidang lomba Ekonomi diwakili oleh Ahmad Zaki Alhafizhi, Muhammad Noor, Aisyah Maulidaturrohmah dan Salsabila Azzahra Putri. Bidang lomba Geografi diwakili oleh Muhammad Najwan Abada, dan bidang lomba Informatika diwakili oleh Muhammad Saman.

Koordinator OSN-K MAS Darul Istiqamah, Ustadz M. Irfani Rahman, S.Pd, menuturkan para peserta delegasi MAS Darul Istiqamah yang mengikuti OSN-K merupakan peserta didik terpilih setelah mengikuti tahap seleksi sebelumnya untuk mengikuti OSN-K serta telah menjalani kegiatan simulasi OSN-K 2024 sebelumnya.

“Alhamdulillah, pelaksanaan OSN tingkat kabupaten di MAS Darul Istiqamah berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti, semoga dalam pelakasanannya besok hari juga lancar dan tidak ada kendala apa pun,” tutur Ustadz Irfani Rahman.

Salah satu peserta didik delegasi MAS Darul Istiqamah di OSN-K, Aisyah Alya Luthfa berharap bisa memberikan sesuatu yang terbaik dalam kegiatan pelaksanaan OSN-K tahun 2024 ini.

“Saya dan teman-teman berharap bisa memberikan hasil terbaik bagi madrasah, serta bisa mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah ke tingkat provinsi, nasional bahkan Internasional,” terang Aisyah Alya Luthfa.

Penulis: Baqi
Editor: IB
Foto: Irfani