DAURUL LUGHAH AL-AROBIYYAH; Cara PPM Darul Istiqamah Mengembangkan Skill Berbahasa Arab

Barabai (PPM Darul Istiqamah) — Untuk meningkatkan skill bahasa santri/santriwati kelas XI (Sebelas), Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah adakan program “Daurul Lughah Al-Arobiyyah atau Arabic Camp”. Selasa, 07/02/2023.

Pimpinan Pondok melalui pencetus kegiatan daurul lughah al-arobiyyah di PPM Darul Istiqamah Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc, dan Ustadzah kiki Mustaqimah, Lc, menyampaikan daurul lughah al-arobiyyah merupakan program kursus bahasa Arab dengan waktu pelaksanaan yang dibatasi, yaitu mingguan atau bulanan disertai lingkungan yang baik selama 24 jam, kegiatan yang saat ini diterapkan pada santri/santriwati kelas XI dimulai dengan jangka waktu mingguan.

“Bahasa Arab bagi pembelajar merupakan kebutuhan yang penting, karena ia telah menjadi bahasa agama, bahasa komunikasi resmi antar bangsa, bahasa dunia Islam, bahasa perdagangan, bahasa ekonomi dan perbankkan Islam, bahasa kebudayaan, bahasa ilmu pengetahuan, bahasa hukum, dan sebagainya, bahasa arab dan inggris adalah DNA pembelajar muslim sejati, dan pondok hadir untuk memfasilitasi itu,” tutur ustadz Ahmad Nailul Fadli.

Motto pondok Al-Lughatu Ta’jul Ma’had, Bahasa adalah mahkota pondok. Bahasa adalah hal yang sangat penting dan diutamakan di PPM Darul Istiqamah. Berkenaan dengan hal ini, PPM Darul Istiqamah kembali bergerak dalam mengerahkan kegiatan bahasa Arab. ‘Daurul Lughah Al-Arobiyyah/Arabic Camp namanya, kegiatan ini telah diadakan pada tanggal (16/01) silam. Tak kalah baiknya dengan kegiatan ‘Daurul Lughah Al-Injiliziyyah/English Class yang telah usai diadakan selama 2 bulan sebelumnya.

Peserta diikuti oleh para santri/santriwati kelas XI dan kelas V berjumlah 123 orang, mereka dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari kisaran 40 orang perkelompoknya. Mereka dibimbing dan diarahkan dengan baik serta teratur bersama Asatidz/Ustadzaat pembimbing yang juga mahir dalam berbahasa Arab.

kegiatan ini berlangsung selama 4 pekan dengan berbagai kegiatan terkonsep yang diadakan didalamnya seperti; Maharotul Kalam, Maharotul Qiro’ah, Maharotul Istima’, Maharotul Kitabah, Qira’atul Khabar, Munazharah dan lainnya.

Para peserta sangat menikmati jalannya kegiatan ‘daurul lughah al-arobiyyah’, dengan suasana yang khidmat dan sangat antusias dalam menekuni berbagai ilmu didalamnya, mereka pun bersaha sebaik dan sebisa mungkin tuk menguasai semua ilmu yang telah diterapkan dalam kegiatan ini.

Acara yang dikoordinir oleh Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc, dan Ustadzah Kiki Mustaqimah, Lc, serta melibatkan para asatidz dan ustadzaat yang memiliki kompeten di bidang bahasa arab diantaranya Ustadz Mahrian, S.Pd., Ustadz Halim Rofi’i, Ustadz Syahrul Ramadhana, Ustadz Hamdan Dzulfahmi, dan Ustadz Muhammad Baqi sebagai para pengajar santri di pondok putra.

Adapun para pengajar santriwati di pondok putri ialah Ustadzah Lenny Herdayanti Rukmana, S.Pd., Ustadzah Lailatun Ni’mah, S.Pd., Ustadzah Noviea Herliani, S.Pd, Ustadzah Mawaddatur Rahmah, Ustadzah Hayatun Nufus, dan Ustadzah Siti Hayatun Ni’mah.

“Banyak kosa kata yang terupdate dan ilmu-ilmu baru, yang belum pernah saya dengar dan pelajari sebelumnya, sehingga agak menyulitkan saya untuk memahami beberapa maksud dari artikel bahasa arab,” ujar Gio Ahmad Maulana salah satu siswa kelas XI asal Kalimantan Tengah

“Tapi, berkat bimbingan dan keikhlasan para asatidz/ustadzaat dalam mengajarkan ilmunya, sedikit demi sedikit kami mulai paham dan mengerti serta suka dengan pelajaran bahasa arab. Semoga dengan adanya kegiatan ini kami akan selalu terus bertumbuh dalam mempelajari dan mempraktikkan bahasa arab ini di kesehariannya,” lanjut Gio Ahmad Maulana.

Pengajar Maharotul Qiro’ah di daurul lughah al-arobiyyah ustadz Mahrian, S.Pd, menyampaikan kegiatan ini akan ditutup secara resmi pada hari kamis, 9 Februari mendatang bertempat di aula PPM Darul Istiqamah Putra, dengan mengadakan beberapa perlombaan agar para peserta dapat mengapresiasikan ilmunya dengan berbagai penampilan berbahasa Arab yang diperlihatkan kepada seluruh santri/santriwati PPM Darul Istiqamah.

“Adapun kegiatan ini digerakkan, demi meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan serta skill santri/santriwati PPM Darul Istiqamah dalam berbahasa Arab. Karena, mengingat kembali bahwa motto PPM Darul Istiqamah dalam berbahasa, ialah “Language is Our Crown,” tutup Ustadz Mahrian.

Penulis: Baqi
Foto: Ustadzah Noviea, Ustadzah Mawaddah