Melalui Kerja Bakti, Santri PPM Darul Istiqamah Belajar Toleransi dan Empati

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Para santri Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Barabai bekerja bakti membangun panggung utama untuk kegiatan Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak (LP3) ke XVIII pada Sabtu (10/2/2023) di lapangan utama pesantren.

Para santri kelas akhir yang juga panitia LP3 terlihat saling bahu-membahu mendirikan panggung, ada yang bertugas membuat backgound panggung, mengecat, memasang tiang-tiang penopang dan lain sebagainya.

Pembimbing kegiatan ustadz Muhammad Herliridhani, S.Kom mengatakan kerja bakti ini mengajarkan para santri untuk memiliki rasa kebersamaan, saling gotong royong dan bertanggung jawab.

“Pada era yang serba modern ini, tidak dipungkiri rasa kebersamaan dan saling gotong royong juga empati kian terkikis oleh egoisme, kepentingan, hingga kesibukan pribadi, karenanya sudah sewajarnya kita mengajarkan santri sebagai generasi muda untuk memiliki sikap tenggang rasa,” ungkapnya.

Menurut Herli kerja bakti merupakan suatu kegiatan positif yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan, dan hasilnya dapat bermanfaat atau dirasakan oleh diri sendiri juga orang lain.

Hafizan salah satu santri yang ikut kerja bakti mengatakan senang bisa membantu kelancaran kegiatan, “Ini pengalaman yang luar biasa, Insyaallah, saya akan selalu siap membantu ustadz,” ujarnya.

Sebagai informasi kegiatan LP3 akan dilaksanakan dari tanggal 13 Februari 2023 hingga18 Februari 2023 nanti dengan puluhan lomba yang akan dipertandingkan.

Penulis : Abdu
Editor : Lena Hanifah
Foto : Abdu