Darul Istiqamah Jalin Kerjasama Dengan Sekolah Australia

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (QS. 5:2)

Pada tanggal 22-28 September 2018 Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah Barabai kedatangan tamu dari Urangan State Senior High School, Queensland, Australia yakni Mr. Meade Barnes dan Mrs. Stephanie White Head. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya dua orang ustadz-ustadzah, yakni Ustadz Aidil Fitri dan Ustadzah Ida Merlina menggali pengalaman dan ilmu di negeri Kangguru sebagai peserta program BRIDGE Australia pada awal 2018 ini. (lihat tautan https://darulistiqamah.ponpes.id/2018/01/10/ustadz-dan-ustadzah-pondok-pesantren-modern-darul-istiqamah-barabai-terpilih-sebagai-peserta-bridge-indonesia-australia-2018/

Kedatangan mereka bertujuan mengenal lebih dalam tentang Darul Istiqamah, budaya Indonesia dan juga meningkatkan hubungan antar kedua sekolah dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu program ke depan adalah pertukaran pelajar dan guru.  Mr. Meade & Mrs. Stephanie sangat terkesan dengan keramah tamahan guru, murid di Darul Istiqamah & juga dengan Masyarakat Barabai. Selama berada di Barabai, selain disibukkan dengan kegiatan mengajar dan berdiskusi bersama santri santriwati serta para ustadz ustadzah, mereka juga melakukan ramah tamah dengan Plt. Bupati  dan kepala kantor Kementerian Agama Hulu Sungai Tengah.

KH. Hasan Basuni selaku pimpinan pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah menyambut dengan baik program kerjasama yg dijalin dan berharap agar santri santri Darul Istiqamah memiliki wawasan  mendunia, di sisi lain beliau juga ingin menyampaikan kepada dunia Barat bahwa Islam adalah agama yang mencintai perdamaian dan memiliki toleransi yang tinggi.  Diharapkan kerjasama ini menjadi  motivasi bagi santri dan santriwati Darul Istiqamah agar giat belajar dan siap bersaing di masa depan untuk meninggikan kalimat Allah.