Delegasi PPMDI Ikuti Pembukaan Seleksi OBA ke-5 Tingkat Provinsi dan Seminar Pendidikan Bahasa Arab

Laporan dari panitia pelaksana dan penanggung jawab lomba OBA ke-5 tingkat provinsi Kalimantan Selatan

Barabai – Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI), ikuti pembukaan Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-5 seleksi tingkat provinsi, Pertemuan Guru Bahasa Arab tingkat provinsi, dan seminar Pendidikan Bahasa Arab yang di selenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Se-Indonesia Bertempat di aula MAN 2 Kota Banjarmasin, Sabtu (03/09/2022 ).

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) provinsi Kal-sel, Muhammadun, A.Ks, M.I.Kom, Kepala Dinas Pendidikan kota banjarmasin yang diwakili Kepala Bidang Menengah Pertama (Kabid SMP) Dinas Pendidikan kota banjarmasin, Saifuddin Zuhri, S.Pd, MM, Ketua IMLA Indonesia Daerah Kal-sel dan Ketua Program Studi S2 PBA UIN Antasari banjarmasin, Dr. H. Faisal Mubarak Seff, Lc., M.A, Dewan Pakar IMLA Indonesia Daerah Kal-sel, Dr. Ahmad Muradi, M.Ag., Kepala kantor kementerian agama kota banjarmasin yang diwakili kepala MAN 2 kota banjarmasin/Ketua KKKMA provinsi Kal-sel, Dr. Abdul Hadi, M.Pkim, dan Ketua Forum MGMP Bahasa Arab Se kal-sel, Taufiqurrahman, S.Pd.I.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan kalam ilahi yang dibacakan oleh Muhammad Rayyan dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh bapak Kadis Dikbud.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Kal-sel, Muhammadun, A.Ks, M.I.Kom dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengapresiasi para peserta yang telah lulus seleksi di tingkat kabupaten/kota.

“Selamat berjuang kepada para peserta dan bertandinglah dengan jujur serta tetap junjung tinggi sportivitas,” pungkas bapak Muhammadun.

Bapak Muhammadun, A.Ks, M.I.Kom menyampaikan pesan dari bapak Gubernur Kal-sel, Dr.H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. yang memberikan salam kepada seluruh peserta dan berpesan kepada para peserta “orang bisa berbahasa dia akan sejahtera, siapa yang mengusai bahasa maka akan mengusai dunia, dan selain mencintai bahasa maka cintai juga makhluk hidup,” pesan bapak Gubernur kal-sel melalui wawancara dengan bapak Kadis Dikbud.

Panitia pelaksana dan penanggung jawab lomba, bapak Iwan Septiyanto Dwi Saputro, BA, menyampaikan pada olimpiade kali ini ada 8 kategori:

kategori 1 (SMA/SMK NEGERI)
Kategori 2 (SMA/SMK SWASTA)
Kategori 3 (MA NEGERI)
Kategori 4 (MA SWASTA)
Kategori 5 (SMP NEGERI/SWASTA)
kategori 6 (MTs NEGERI)
Kategori 7 (MTs SWASTA)
Kategori 8 (SD/MI NEGERI/SWASTA)

Dari setiap kategori akan dipilih salah satu peserta yang meemperoleh nilai tertinggi untuk mewakili provinsi kal-sel melaju ke OBA ke-5 tingkat nasional mendatang.

Acara dilanjutkan dengan seminar bahasa arab untuk para pembimbing peserta lomba dan pengumuman pemenang OBA ke-5 tingkat provinsi pada jam 16.00 Wita mendatang.

Penulis: Baqi
Foto: Baqi, Mawaddah