Ekstrakurikuler Pramuka, Sebagai Sarana Melatih Disiplin Santri PPM Darul Istiqamah

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Santri Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah bersemangat melaksanakan kegiatan Ektrakurikuler (Eskul) Pramuka, Sabtu (2/9/23).

Pelaksanaan eskul pramuka tersebut dilaksanakan rutin pada setiap hari Sabtu pada pukul 14.00 s.d. 15.30 di lapangan utama PPM Darul Istiqamah.

Pembina Pramuka, Ustadz Syahrul Ramadhana mengatakan banyak manfaat dari mengikuti kegiatan pramuka ini. “Manfaat pertama melatih pribadi para santri menjadi pribadi yang lebih mandiri. Kedua untuk melatih kedisiplinan baik berupa disiplin waktu maupun disiplin dalam bersikap. Serta ketiga untuk menumbuhkan sikap gotong royong dalam bermasyarakat”, ujarnya.

Lebih lanjut ustadz Syahrul mengatakan pramuka dibentuk agar peserta didik memiliki kepribadian yang baik serta bertanggung jawab. “Pramuka mengajarkan peserta didik memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani”, jelasnya.

Ustadz Syahrul juga menceritakan Pramuka PPM Darul Istiqamah telah banyak melahirkan prestasi. Baru-baru ini adalah juara 1 dan juara Umum lomba Gelar Lomba Pramuka Penegak (Gelora) ke- XI tingkat Prov. Kalsel dan Kalteng dan juara 1 dan juara Umum pada lomba Gold Generation Scout Competition Part III (GGSC III) tingkat penggalang/SLTP/sederajat se-Kalimantan Selatan tahun 2022.

“Semoga ke depannya, kegiatan pramuka PPM Darul Istiqamah akan banyak lagi menorehkan prestasi”, harap ustadz Syarul.

Penulis : Abdu
Foto : Bag. Pramuka