PPM Darul Istiqamah Kembali Gelar Educational Trip 3 Negara Tahun 2023

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Barabai kembali melaksanakan kegiatan Educational Trip (perjalanan pendidikan) bertajuk Studi Tur Internasional 3 negara yaitu Malaysia, Singapura dan Thailand dari tanggal 10 s.d. 16 September 2023 yang diikuti oleh 29 orang santri/santriwati dan didampingi oleh 4 orang Ustadz dan ustadzah. Senin, 18/09/2023.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya yang ditujukan untuk membuka cakrawala pengetahuan santri/santriwati melalui silaturahmi dengan sekolah-sekolah di negara yang dikunjungi serta guna penguatan dan penguasaan bahasa Inggris santri/santriwati dengan melatih diri bersosialisasi langsung dengan para turis mancanegara.

Ada banyak destinasi yang dikunjungi dan dipandu oleh guide-guide profesional dan berpengalaman yang sangat membantu para peserta mendapatkan banyak wawasan. Adapun dua agenda utama dari Educational Trip ialah kunjungan persahabatan ke Sekolah Menengah Agama Persekutuan Labu, Seremban, Malaysia. Dan Ma’had Mesbah El-Ulum, Thailand.

Foto bersama para peserta dan pembimbing Educational Trip dengan Kepala Sekolah dan dewan guru Sekolah Menengah Agama Persekutuan Labu, Seremban, Malaysia

Adapun tempat tujuan lainnya persinggahan para peserta Educational Trip adalah negara Singapura (Merlion Park, Garden by the Bay & Jewel Changi, Mesjid Sultan, dan Universal Studio Singapura), dilanjutkan ke negara Malaysia (Stadthuys, Afamosa Hill, Museum Samudra, Mesjid Terapung Melaka, Sungai Melaka, Genting Highland dan Petronas Twin Tower) lalu ke negara Thailand (HatYai Municipal Park, Pasar Khlong Hae Floating, dan Kota Bharu, Kelantan). Seluruh peserta mengikuti kegiatan Educational Trip ini dengan sangat antusias.

Pimpinan Pondok K.H. Hasan Basuni akrab disapa Murabbi memberikan nasehat agar setiap pengalaman yang di dapat selama Educational Trip bisa direkam dengan sebaik mungkin.

“Belajar menganalisa setiap tempat, ambil pelajaran dari perjalanan tur ini dan selalu jaga kesehatan,” pesan Murabbi kepada para peserta ketika pelepasan rombongan sebelum keberangkatan.

Ustadzah Lena Hanifah, S.H, LL.M, Ph.D, yang turut serta hadir pada saat pelepasan rombongan Educational Trip, menerangkan rute perjalanan dan aturan-aturan dalam perjalanan secara umum seperti masuk dan keluar bendara dimulai dari check in hingga menuju boarding gate, dari masuk dan keluar bis dll.

“Nanti setelah antum sampai bandara sebelum melakukan check in pastikan dokumen perjalanan seperti tiket internasional, visa, tanda pengenal, dsb sudah siap, setelah check in periksa bagasi antum agar ketika pemeriksaan keamanan dan pemeriksaan Imigrasi tidak ada masalah. Setelahnya langsung menuju pintu naik pesawat,” terang Ustadzah Lena Hanifah.

Salah satu Pembimbing Peserta Educational Trip, Ustadz Fadliansyah menyampaikan sangat bangga dan senang dengan adanya program kolaborasi sekolah ini.

“Kami sangat bangga dan senang bisa bersilaturahmi ke sekolah dan pondok yang berprestasi ini, harapannya dari kolaborasi antara 3 negara ini kami dapat pembelajaran untuk menambah wawasan dan pengalaman yang baru serta nantinya akan kami bagikan juga ke teman-teman santri/santriwati kita yang ada di Darul Istiqamah,” ungkap Ustadz Fadliansyah.

“Generasi milenial perlu dibekali dengan wawasan global, salah satunya dengan mendatangi berbagai tempat asing, tak hanya untuk liburan, tapi juga demi mendapatkan pengalaman-pengalaman dan ilmu-ilmu baru,” lanjut Ustadz Fadliansyah.

Salah satu peserta Educational Trip, M. Abidzar Alghifari merasa sangat senang dan seru dengan adanya kegiatan ini.

“Dari kegiatan ini kami banyak memperoleh wawasan, berpikiran terbuka dan keinginan untuk berinteraksi dengan menggunakan bahasa global serta dapat mentadabburi dan mendapat hikmah dari setiap tempat yang dikunjungi,” ujar Abidzar.

Penulis: MB
Editor: Ustadzah Lena Hanifah, S.H, LL.M, Ph.D
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA