TTC PPM Darul Istiqamah 2023: Cetak Guru Profesional, Berdedikasi dan Berkarakter di Abad 21

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah kembali menyelenggarakan kegiatan Teacher Training Center (TTC) untuk mempersiapkan para Asatidz dan Ustadzaat pengabdian baru demi mencetak guru yang Profesional. Kegiatan ini berlangsung selama delapan hari, dari Senin 04 September 2023 s.d. Kamis 14 September 2023 bertempat di ruang pertemuan PPM Darul Istiqamah Putri.

Pimpinan Pondok K.H. Hasan Basuni yang akrab disapa Murabbi, menyampaikan bahwa guru merupakan ujung tombak pendidikan, sebab secara langsung berupaya mempengaruhi, membina, dan mengembangkan kemampuan peserta didik. Sebagai ujung tombak, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dasar yang diperlukan sebagai pendidik, pembimbing, dan pengajar. Sebagaimana perintah yang pertama kali Allah sampaikan kepada Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam adalah perintah untuk membaca. Perintah membaca yang diabadikan melalui 5 ayat pertama dari Surat al-‘Alaq tersebut menegaskan bahwa ilmu pengetahuan merupakan hal yang mendasar dan sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa. Ilmu pengetahuan lebih mudah diperoleh melalui proses membaca.

“Di sinilah guru mempunyai peran penting dalam memajukan sebuah bangsa. Guru harus mampu menciptakan masyarakat suka membaca (reading society) pada lembaga pendidikan tempat dia mengabdi. Jangan sampai guru meyampaikan ilmu pengetahuan yang sudah kadaluwarsa (expired knowledge), dan guru juga diharuskan menjadi teladan yang baik untuk peserta didiknya serta menjadi guru yang kreatif, inovatif, handal, dan profesional,” Ujar Murabbi.

Pada kesempatan yang sama, salah satu pelaksana TTC tahun 2023 Ustadz M. Irfani Rahman, S.Pd, menyampaikan bahwa TTC adalah kegiatan tahunan PPM Darul Istiqamah, serta program pelatihan guru yang diselenggarakan setiap awal tahun ajaran. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan para Asatidz dan Ustadzaat pengabdian baru demi membentuk pengajar yang handal dan profesional, siap mengajar para santri/santriwati PPM Darul Istiqamah barabai.

“Tema yang diusung pada TTC tahun ini ialah Membentuk Guru Berdedikasi dan Berkarakter. Harapannya kepada para peserta untuk selalu meningkatkan kompetensi profesional agar siap mengabdikan diri dengan ikhlas untuk mendidik dan mengajar santri/santriwati di pondok ini,” ungkap Ustadz Irfani Rahman.

Salah satu peserta TTC tahun 2023, Ustadz Muhammad Syakir Rusdiyannoor, mengatakan sangat bersyukur dengan adanya kegiatan TTC tahun 2023.

“Kami asatidz dan ustadzaat pengabdian baru merasa sangat bermanfaat dan terbantu dengan adanya kegiatan ini, kami dapat pengetahuan dan wawasan baru bagaimana menjadi guru yang profesional, solusi mengatasi santri/santriwati yang malas belajar, kurang minat membaca dan lainnya. Serta kami mendapatkan pengalaman yang baru bagaimana menjadi guru yang kreatif, inovatif, berdedikasi, dan berkarakter di abad 21 ini,” kata Ustadz Syakir.

Adapun narasumber dan materi yang disampaikan pada acara TTC tahun pelajaran 2023/2024 antara lain:

1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Kurikulum Pondok Modern, oleh: Ustadzah Elisa Hayatun, SE
2. Idealisme Seorang Guru, oleh: Ustadzah Kiki Mustaqimah, Lc
3. Guru Yang Berkarakter, oleh: Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc
4. Etika Seorang Guru, oleh: Ustadz Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I
5. Pengertian Suri Tauladan Dalam Perkembangan Anak Didik, oleh: Ustadz Mahrian, S.Pd
6. Pentingnya Memahami Psikologis Anak Didik, oleh: Ustadz Fadliansyah
7. Guru Yang Kreatif & Inovatif (Model & Media), oleh: Ustadzah Noviea Herliyani, S.Pd
8. Pondasi Keikhlasan Seorang Guru di Pondok Pesantren, oleh: Ustadz Halim Rofi’i, S.Pd

Penulis: MB
Editor: Ustadzah Lena Hanifah, S.H, LL.M, Ph.D
Foto: Irfani Rahman