Falsafah Pondok Modern: Patah Tumbuh Hilang Berganti, Sebelum Patah Sudah Tumbuh Sebelum Hilang Sudah Berganti

Barabai (PPM Darul Istiqamah) — Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Barabai selalu memberikan wadah bagi para santrinya untuk belajar berorganisasi. Diantaranya adalah Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 06.101 yang kepengurusannya diamanatkan kepada santri kelas XII dan VI.

Adapun mendekati masa asesmen madrasah dan ujian sekolah untuk para santri kelas XII dan VI, maka tongkat estafet kepengurusan organisasi pun akan diteruskan kepada santri kelas XI dan V.

Sebelum mengakhiri masa baktinya, para santri kelas XII dan VI akan menjalani kegiatan akhir berupa Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ). Dalam LPJ mereka akan melaporkan semua hal terkait kepengurusan pada bagian masing-masing yang telah dijalankan selama masa bertugas 1 tahun, seperti penggunaan keuangan, data surat menyurat, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi semua kegiatan. Semua itu wajib untuk dilaporkan di hadapan para santri dan juga Pimpinan PPM Darul Istiqamah. Pelaksanaan penyampaian LPJ kali ini dilaksakan pasa Selasa, 02 Mei 2023 yang bertempat di aula PPM Darul Istiqamah Putra.

Selanjutnya, setelah para pengurus melaporkan segala hal yang dilakukannya selama 1 tahun, mereka pun resmi melepas amanat tersebut. Mereka yang mendapat kesempatan untuk menjalankan organisasi ini dididik untuk selalu siap di bagian apapun mereka ditugaskan.

Di sinilah letak pendidikan itu, di mana santri PPM Darul Istiqamah dituntut untuk ‚Äúsiap dipimpin dan siap memimpin” serta mempunyai sifat militan dalam melaksanakan segala tugasnya. Sesuai dengan falsafah pondok “patah tumbuh hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh sebelum hilang sudah berganti”. Diharapkan melalui pendidikan dalam berorganisasi di PPM Darul Istiqamah ini, santri mampu untuk berkiprah di masyarakat nantinya.

Pergantian pengurus OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka rutin diadakan setiap tahunnya, menjelang ujian akhir santri kelas XII dan VI. Kegiatan ini dimaksudkan agar santri kelas XII dan VI bisa fokus belajar dan mempersiapkan dirinya menghadapi kegiatan ujian akhir dari Tarbiyah Amaliyah, Ujian Lisan, serta Ujian Tulis.

Adapun santri kelas XI dan V yang menjadi pengurus baru, hal ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk mengenyam pendidikan baru sebagai pengurus organisasi. Sebelum berlangsungnya kegiatan pergantian pengurus, terlebih dahulu diadakan pemilihan utusan dari masing-masing konsulat untuk diajukan sebagai calon ketua OPPM, dan dari tiap-tiap gudep untuk menjadi ajuan calon ketua koordinator gerakan pramuka.

Pada malam harinya, dilanjutkan dengan Serah Terima Amanat dan Pelantikan Pengurus Baru.

Penulis: MB
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA