Pengisian Angket Calon Pengurus OPPM Masa Percobaan Periode 2023/2024 PPM Darul Istiqamah

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Masa jabatan kepengurusan Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) di Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Barabai periode 2022/2023 sebentar lagi akan berakhir. Santri kelas XI MA & SMK melaksanakan pengisian angket calon OPPM baru masa percobaan periode 2023/2024 pada Sabtu, (29/4/23).

Salah satu pembimbing OPPM, ustadz Shufi Nur Saptiawan mengatakan pengisian angket bertujuan untuk memudahkan para ustadz menempatkan santri sesuai dengan minat dan bidang kemampuannya.

“Ada beberapa poin dalam isian angket, salah satunya menanyakan kesanggupan dan keinginan santri untuk bertugas pada bidang/bagian apa yang dinginkan,” ujar ustadz Shufi.

Foto : Para santri kelas XI MA & SMK yang sedang mengisi angket pada Sabtu, (29/4/23).

Menurut ustadz Shufi, OPPM hampir sama dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) pada sekolah umum lainnya. Namun OPPM ini memiliki tugas lebih dibandingkan dengan OSIS pada umumnya, OPPM bertugas membantu Pimpinan pondok dan ustadz dalam menjalankan segenap peraturan yang dikemas dalam disiplin selama 24 jam sebagai sarana pembinaan akhlak bagi santri.

Tugas OPPM ini juga disepervisi oleh para ustadz dan ustadzah pengasuhan santri. Hal ini bertujuan supaya pengurus OPPM dapat melatih diri, mental, dibidang leadership, manjerial, administrasi, kepribadian, dan sosial, serta berlatih untuk memahami tanggung jawab sebuah amanah. Dengan maksud guna menciptakan kader-kader pemimpin umat yang kompeten dalam mengatur sebuah organisasi nantinya di masyarakat.

“Salah satu moto PPM Darul Istiqamah adalah siap memimpin dan siap dipimpin,” imbuh ustadz Shufi.

Foto : Para santriwati kelas XI MA & SMK yang sedang mengisi angket pada Selasa, (14/3/23)
Foto : Para santriwati kelas XI MA & SMK yang sedang mengisi angket pada Selasa, (14/3/23)

Penulis : Abdu
Foto : Bagian dokumentasi & publikasi