Serah Terima Jabatan Sekaligus Pelantikan Pengurus Baru OPPM dan KGP Gudep 06.101 PPM Darul Istiqamah Barabai Tahun 2023

Suasana Pelantikan Pengurus Baru OPPM dan KGP Gudep 06.101 oleh Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc

Barabai (PPM Darul istiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah kembali menggelar kegiatan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) untuk pengurus lama Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) Gugus Depan (Gudep) 06.101 periode 1443-1444 H/2022-2023 M, sekaligus pelantikan pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.101 masa percobaan periode 1444-1445 H/Mei-Juli 2023 M.

Rentetan kegiatan pergantian pengurus OPPM dan KGP diawali dengan LPJ dari masing-masing bagian pengurus lama OPPM periode 1443-1444/2022-2023 pagi harinya, dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.101 masa percobaan periode 1444-1445 H/Mei-Juli 2023 M malam harinya, Selasa, 02 Mei 2023 bertempat di aula PPM Darul Istiqamah Putra.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi serta menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan Hymne Oh Pondokku, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan OPPM dan KGP gudep 06.101 masa percobaan periode 1444-1445 H/Mei-Juli 2023 M.

Pimpinan pondok melalui Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc menyampaikan bahwasanya beliau diberikan amanah oleh pimpinan pondok untuk melantik para pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.101 malam ini.

“Perlu antum ketahui, ana di sini diberikan amanah oleh pimpinan pondok untuk mewakili beliau melantik antum semua” terang Ustadz Nailul Fadli.

“Pondok berjalan begitu dinamis dan stabil, tidak pernah takut kehilangan pemimpin-pemimpin masa depan, karena setiap tahunnya kita menciptakan pemimpin-pemimpin yang baru. Falsafah pondok modern patah tumbuh, hilang berganti, sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti. Pondok modern mengajarkan siap dipimpin dan siap memimpin” tandas Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc dalam sambutannya pasca pelantikan.

“Pondok harus terus berjalan sesuai dengan cita-cita pimpinan kita Ghoyatul Ma’had Li I’lai Kalimatillah. OPPM adalah latihan kepemimpinan, leadership training, dan bisa disebut juga sekolah kepemimpinan. Kita santri pondok modern harus berusaha menerapkan nilai-nilai luhur yang ada di dalam Al-Quran ke dalam kehidupan nyata. Selain berilmu dan beriman, kita harus membangun kecerdasan intuisi kita,” lanjut Ustadz Ahmad Nailul Fadli.

Seluruh pengurus baru OPPM dan KGP gudep 06.101 dilantik oleh Pimpinan PPM Darul Istiqamah yang kali ini diwakilkan oleh ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc, dan disaksikan oleh seluruh Asatidz dan segenap Ustadzaat serta seluruh santri PPM Darul Istiqamah.

“Keorganisasian merupakan salah satu kurikulum penting di PPM Darul Istiqamah, oleh karenanya kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Murabbi dan Ummi serta para asatidz atas kesempatan, ilmu, dan kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk belajar mengemban amanah yang mulia ini” ungkap Ketua OPPM sebelumnya, akhi Muhammad Syakir Rusdiyanoor.

Ketua OPPM yang baru lantik, akhi Muhammad Fauziannoor mengucapkan terima kasih kepada pondok yang telah memberikan wadah untuk mereka belajar leadership, dan mereka akan berusaha dengan semaksimal mungkin mengemban amanah ini, serta mohon do’a dan bimbingannya kepada para asatidz agar mereka bisa lebih baik dari pengurus terdahulu.

Jumlah keseluruhan santri kelas XI dan V yang dilantik menjadi pengurus baru adalah 54 santri untuk pengurus OPPM dan 7 santri untuk pengurus KGP gudep 06.101.

Setelah resmi dilantik dan disahkan sebagai pengurus baru OPPM, terlebih dahulu kedua pihak (pengurus lama dan pengurus baru) menandatangani surat mandat penyerahan kepengurusan, yang diserahkan oleh pengurus lama kepada pengurus baru, hingga akhirnya secara definitif para pengurus baru sudah resmi mengemban tugas masing-masing, dan diakhiri dengan pergantian tempat. Kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a.

Penulis: MB
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA