MI Plus Darul Istiqamah Laksanakan AKMI 2022

Barabai (MI Plus Darul Istiqamah) – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Darul Istiqamah melaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2022 periode I di laboratorium Darul Istiqamah, Senin (19/09/22) – Selasa (20/09/22).

Kepala MI Plus Darul Istiqamah Ahmad Rizqi Zaidi, S.Pd mengatakan AKMI merupakan program dari Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia bagi siswa kelas 5 MI, yang menjadi salah satu alat ukur dalam mengembangkan kapasitas siswa MI se-Indonesia.

AKMI dilaksanakan sebagai metode penilaian komprehensif untuk melihat kelebihan dan kelemahan siswa pada beberapa aspek. Hasil dari AKMI tersebut dapat digunakan guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar untuk menyusun rancangan pembelajaran selanjutnya.

Materi soal yang diujikan pada AKMI terdiri dari lima kategori yaitu literasi membaca, literasi sains, literasi numerasi, literasi sosial budaya, dan survei karakter.

Ketua Pelaksana AKMI Muhammad Rifqi Anwari mengungkapkan tidak terdapat kendala yang berarti selama pelaksanaan AKMI, pada hari pertama ada satu siswa yang berhalangan hadir karena sakit tetapi pada hari kedua semua siswa dapat berhadir dan menjawab seluruh kategori soal dengan baik dan lancar.

Salah satu siswa peserta AKMI Muhammad Daffa Tsaqib mengatakan awal masuk ruang AKMI merasa gugup karena tidak terlalu mengerti apa yang akan dikerjakan, “Awalnya agak gugup, tetapi ketika sudah mengerjakan AKMI, Alhamdulillah saya bisa menyelesaikannya,” ucapnya.

AKMI dilaksanakan secara semi daring dengan menggunakan komputer madrasah melalui tautan alamat yang dibagikan.

Editor : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Rizqi
Editor : Saipul Rahman
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA