Meriahkan Hari Santri Nasional, PPMDI Gelar Bazar Festival Kuliner Ala Santri

Barabai (Humas PPMDI) – Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) menggelar bazar festival kuliner sebagai bentuk implementasi kewirausahaan. Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di aula PPMDI Putra, selain melibatkan seluruh santri/santriwati, juga mengundang dan melibatkan Asatidz dan Ustadzaat di PPMDI.

Penanggung jawab kegiatan Bazar Festival Kuliner hari santri, Ustadz Fadliansyah mengatakan, bazar tahun ini merupakan agenda perdana yang diadakan secara kompherenshif yang melibatkan santri/santriwati serta seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di PPMDI.

“Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan yang akan dilaksanakan setiap hari santri nantinya, dengan tujuan untuk melatih para santri agar memiliki keterampilan dalam berwirauasaha guna mempersiapkan diri untuk menjadi santri yang mandiri di masa akan datang,” ucap Ustadz Fadliansyah.

Kegiatan kali ini melombakan beberapa perlombaan dengan kategori lomba tingkat berat, menengah, dan ringan.

Tingkat Berat
1. Booth Stand Bazar

Tingkat Menengah
1. Folk Song

Tingkat Ringan
1. Persentasi
2. Pisang Lumer
3. Jasuke
4. Salad Buah
5. Kentucky Ayam Kreasi
6. Es Oyen
7. Lumpur Surga Pandan
8. Mie Kwetiau
9. Jengkol Kreasi

Ustadz Fadli menyampaikan, ada 6 booth stand pameran berdiri di aula PPMDI Putra, yang isinya, adalah hasil berbagai jenis makanan dan minuman tradisional hingga kekinian hasil olahan santri/santriwati.

“Makanan dan minuman yang dipamerkan, mendapatkan penilaian dari dewan juri ustadz dan ustadzah yang berkompeten di bidang keterampilan dan kewirausahaan. Seperti masakan dan minuman, santri/santriwati tidak hanya mendapatkan nilai dari cara masaknya, namun penyajiannya juga dinilai,” sambung Ustadz Fadli.

“Adapun hasil pendapatan dari bazar ini, sepenuhnya kembali ke santri/santriwati yang berpartisipasi,” tutup Ustadz Fadli.

“Disitulah dinilai, anak-anak mengimplementasikan cara menyajikan, cara menawarkan, untungnya berapa,” kata Ustadz Suleman selaku dewan juri, saat ditemui di sela-sela bazar.

“Alhamdulillah hasil yang dipersentasikan para santri/santriwati sudah sangat bagus, tinggal dikembangkan lagi agar lebih kreatif dan inovatif ke depannya,” pesan Ustadz Suleman.

Penulis: Baqi
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA