Meriahkan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, PPMDI Gelar Lomba Habsy untuk Santri

Pelaksanaan Lomba Habsy di Aula PPMDI Putra pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam 1443 H

Barabai (PPMDI) Dalam rangka memperingati serta memeriahkan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) melalui Asatidz bagian ibadah menggelar perlombaan habsy yang bertujuan untuk menggali potensi santri sekaligus sebagai syiar tentang kehidupan pesantren, Selasa (19/10/21).

Ketua Bagian Ibadah Ustadz Halim Rofi’i saat membuka kegiatan mengatakan, ulama dan santri berperan besar dalam memerdekakan bangsa indonesia dari penjajahan, tanpa campur tangan ulama dan santri mungkin perjuangan saat itu akan terasa lebih sulit.

“Kita harus bangga jadi santri, terus semangat menuntut ilmu dan gali potensi yang pada diri kalian masing-masing”, ucapnya.

Sementara sekertaris Bagian Ibadah PPMDI Ustadz M. Khidri Rahmadhini dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 68 santri yang terdiri dari Madrasah Tsnawiyah (MTs) sebanyak 36 orang santri, Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 32 orang santri.

“Perlombaan yang dilombakan yaitu lomba habsy. Lomba ini melibatkan gugus depan para santri. Dan setiap gugus depan mengirimkan dua kelompok habsy yang terdiri dari satu kelompok MTs dan satunya lagi kelompok MA/SMK,” ucapnya.

Perlombaan ini diikuti oleh enam kelompok habsy dari tiga gugus depan (gudep) yaitu Al-Mughazzi, Al-Mumtaza, dan Al-Mujaddid.

Ustadz Ridwan Sam Edoyono selaku dewan juri dalam perlombaan ini memberikan apresiasinya kepada para peserta, sekaligus dalam kesempatan itu juga mengumumkan hasil penilaian lomba habsy tersebut.

“Juara Pertama kategori MTs serta MA/SMK diperoleh oleh gudep Al-Mujaddid, juara kedua kategori MTs serta MA/SMK diperoleh gudep Al-Mugahazzi dan juara ketiga kategori MTs serta MA/SMK diperoleh oleh gudep Al-Mumtaza,” jelas Ustadz Edo.

Muhammad Fauziannor salah satu peserta lomba kategori MA/SMK dari gudep Al-Mughazzi merasa sangat senang dengan adanya lomba habsy ini. “Semoga dengan adanya perlombaan ini bisa menjadikan kami selalu bersemangat dalam menyiarkan agama islam ke pelosok negeri dengan cara membumikan shalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam,” ujarnya.

Penulis: Baqi
Poto: Pramuda