MI Plus Darul Istiqamah Laksanakan Class Meeting

Barabai (MI Plus Darul Istiqamah) – Usai Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Darul Istiqamah menggelar kegiatan class meeting (lomba antar kelas) Rabu (14/12/2022)

Ketua Panitia Pelaksana Class Meeting MI Plus Darul Istiqamah, Rizqi Amilia menjelaskan class meeting sudah menjadi budaya Madrasah setiap usai pelaksanaan ujian semester baik ganjil maupun genap sembari dewan guru merekapitulasi nilai hasil evaluasi siswa sehingga untuk mengisi waktu tersebut maka digelar kegiatan class meeting untuk membangun jiwa kompetitif dan sportif di antara siswa Madrasah.

Menurut Amilia, class meeting bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa serta sebagai refresing (penyegaran atau mengendorkan urat saraf) bagi mereka usai mengikuti PAS tersebut.

Kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan dari tanggal 14 s.d 19 Desember 2022 dengan berbagai jenis bidang lomba, seperti bidang seni/budaya, ilmu pengetahuan, dan keagamaan.

“Adapun jenis lomba yang dipertandingkan ada 10 lomba, yaitu
➢ Membaca UUD : Kelas 3-6
➢ Pembaca Teks Pancasila : Kelas 3-6
➢ Membaca Do’a Sebelum Belajar : Semua Kelas
➢ Mengarang Cerita : Kelas 3-6
➢ Paduan Suara (Oh Pondokku) : Kelas 3-6
➢ Mewarna Kaligrafi : Kelas 1-2
➢ Puisi : Kelas 1-2
➢ Fashion Show Baju Kartun/Karakter Animasi : Kelas 1-3
➢ Fashion Show Muslim & Muslimah : Kelas 4-6

Kepala MI Plus Darul Istiqamah, Ahmad Rizqi Zaidi, S.Pd. memaparkan kegiatan class meeting adalah kegiatan ekstrakurikuler sekolah/madrasah yang mempertemukan antar kelas dalam berbagai pertandingan dan perlombaan untuk mengisi waktu luang setelah PAS/PAT.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk mengetahui dan menyalurkan bakat dan minat serta keahlian siswa berbagai bidang baik di bidang seni/budaya, ilmu pengetahuan, dan keagamaan, sehingga yang berprestasi nanti bisa diikutkan pada lomba-lomba atau ajang-ajang berikutnya,” ungkapnya.

Kamad menambahkan kegiatan class meeting juga bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi sesama siswa dan guru dan untuk menambah keakraban antar siswa serta melatih mental bersaing dan sportifitas dalam perlombaan dan pertandingan. “Semoga para siswa dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa selalu tetap menerapkan protokol kesehatan,” pesannya.

Sementara salah satu siswa kelas 6 Alika Naila Putri mengungkapkan dia dan teman-temannya sangat antusias dan semangat mengikuti class meeting yang dilaksanakan akhir semester ini, selain menjadi ajang untuk melatih keberanian diri, juga untuk mengukur sejauh mana kemampuan di bidang yang dilombakan.

“Semoga di tahun-tahun mendatang kita bisa mengadakan class meeting yang lebih meriah lagi,” harapnya.

Editor : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Muna
Editor : Saipul Rahman
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA