MI Plus Darul Istiqamah Melaksanakan ANBK 2021

Barabai (MI Plus Darul Istiqamah) – Siswa-siswi MI Plus Darul Istiqamah melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan metode semi daring dan dipantau langsung Kepala Madrasah, Proktor, Teknisi dan guru pengawas.ANBK dilaksanakan di ruang Laboratorium Komputer Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah, 15-16 November 2021

Proktor ANBK MI Plus Darul Istiqamah Muhammad Rifqi Anwari mengatakan, peserta simulasi ANBK berjumlah 9 orang siswa dan 2 orang guru.

Moda pelaksanaan ANBK di MI Plus Darul Istiqamah adalah semi daring dan selama pelaksanan ANBK, peserta mengikuti arahan yang diberikan proktor.

Kepala MI Plus Darul Istiqamah Ahmad Rizqi Zaidi, S.Pd. menjelaskan, ANBK adalah program penilaian terhadap mutu madrasah dengan penilaian berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi dan karakter serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrument utama, yakni Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar,” jelas Rizqi Selasa (16/11/21).

Ditambahkannya Assesmen perlu dilakukan dan dirancang untuk meningkatkan pendidikan dan menghasilkan informasi akurat dalam memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa. “ Ucapnya.

Muhammad Rifqi Anwari selaku proktor ANBK 2021 mengatakan dalam pelaksanaan ANBK 2021 ini pada hari pertama dapat berjalan dengan lancar, “alhamdulillah tidak ada kendala dalam pelaksanaan hari pertama ini, semua berjalan dengan lancar”, Ucapnya.

Namun pada hari kedua dikarenakan Kota Barabai terkena musibah banjir para peserta ANBK agak kesulitan untuk mendapatkan akses jalan menuju ke madrasah, ” Musibah banjir yang terjadi di Kota Barabai mengakibatkan ada keterlambatan pelaksanaan ANBK hari kedua, namun alhamdulillah ANBK tetap berjalan dengan lancar tanpa ada kendala lainnya.” tambahnya