Sosialisasi Imunisasi Merdeka Anak Di MI Plus Darul Istiqamah Barabai

Barabai – Madrasah Ibtidaiyah Plus Darul Istiqamah (MI Pus Darull Istiqamah) mengadakan sosialisasi vaksinasi covid-19 bagi peserta didik MI Pus Darull Istiqamah, Selasa (18/01/22) bekerja sama dengan Puskesmas Awang Besar

Sosialisasi tersebut dilaksanakan berkaitan dengan akan dilaksanakannya vaksinasi untuk peserta didik di MI Pus Darull Istiqamah.

Petugas dari Puskesmas Awang Besar Heri Suprapto, SKM mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada orangtua murid tentang fungsi utama vaksin adalah pembentukan herd immunity karena anak-anak maupun remaja juga termasuk kelompok yang rentan terkena Covid-19.

“Sebagian besar anak-anak mengalami Covid-19 tanpa gejala sehingga menjadi sumber penularan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pasien Covid-19 klaster keluarga,” jelas Heri.

Kepala MI Plus Darul Istiqamah Ahmad Rizqi Zaidi, S.Pd. mengatakan pihak sekolah akan selalu mendukung program pemerintah untuk menyukseskan kegiatan vaksinisasi anak ini.

“Kami berharap setelah sosialisasi imunisasi merdeka anak ini orangtua murid dapat memahami tujuan utama kenapa para peserta didik ditargetkan melakukan vaksinasi” tambah Rizqi

Selama sesi tanya jawab beberapa wali murid merasa keberatan dengan vaksinasi anak karena merasa takut akan efek samping dari vaksinasi.

Para petugas puskesmas pun menjelaskan bahwa efek samping dari vaksin covid-19 ini biasanya berbeda-beda di setiap individu tergantung ketahanan tubuh individu tersebut tetap gejala yang sering muncul diantaranya adalah demam, nyeri otot dan gejala ringan lainnya.

Penulis : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Adi Mulkani
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA