MOSDI, Penutup Rangkaian Minggu Perkenalan Pondok

Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS 49: 13)

MOSDI atau Masa Orientasi Santri/Santriwati Darul Istiqamah adalah penutup rangkaian Usbu’ Ta’aruf atau Minggu Perkenalan Pondok yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Barabai. MOSDI bertujuan untuk menanamkan pemahaman dan rasa cinta santri/santriwati tentang kepondokmodernan, mempertajam tujuan utama masuk pondok, dan terutama agar tidak salah niat, hikmat dalam belajar, hikmat menjalankan disiplin, dan ikhlas menjalankan semua aktivitas dan kegiatan yang ada di pondok.

MOSDI berlangsung pada Hari Senin, 9 Juli 2018  s/d Hari Rabu, 11 Juli 2018, tepat setelah perhelatan Porseniba/ LCKSS. Narasumber utama adalah Murabbi sebagai pimpinan pondok dengan tema khusus “Kepondokmodernan”, dilanjutkan oleh bagian-bagian  yang terlibat langsung dengan kegiatan kegiatan santri/santriwati di pondok pada setiap waktunya; seperti Bagian Pengasuhan dan Bahasa yang membahas tentang kedisiplinan dan pentingnya mempelajari bahasa, Bagian Pengajaran yang membahas tentang bagaimana sistem dan tujuan pondok dalam pembelajaran setiap hari, Bagian Ibadah membahas tentang bagaimana santri/santriwati seharusnya melaksanakan ibadah dengan baik dan benar dan dapat diaplikasikan dimasyarakat ketika mereka lulus, dan bagian terakhir yaitu Bagian Kepramukaan yang membahas tentang kegiatan dan tujuan pramuka dalam kehidupan bermasyarakat.

Berakhirnya MOSDI menandai dimulainya kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah.

Selamat belajar dan berprestasi!