Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 di SMK Darul Istiqamah Barabai

Barabai – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Istiqamah Barabai melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin hingga Selasa (29-30 Agustus 2022) bertempat di laboraturium komputer pondok putra dan putri. Peserta didik yang mengikuti ANBK adalah peserta didik dari kelas XI dengan jumlah 32 orang santri dan santriwati program keahlian Multimedia. Dan jenis Asesmen yang dinilai adalah Literasi Membaca, Numerasi, Survei Lingkungan Belajar, dan Survei Karakter.

“Untuk tempat pelaksanaan ANBK SMK, kita mengadakan di dua tempat, yakni laboraturium komputer pondok putra dan laboraturium komputer pondok putri,” ungkap Herli, proktor ANBK SMK Darul Istiqamah.

Melansir laman kemendikbud pengertian Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan . Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Pada hari kedua pelaksanaan ANBK, ibu Siti Rosmina, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan monitoring langsung ke SMK Darul Istiqamah Barabai. “Alhamdulillah, kegiatan ANBK berjalan lancar,” ujar beliau

Senada dengan hal tersebut, Mahrian, S.Pd selaku kepala sekolah berharap ANBK ini berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang ditemukan selama berlangsung hingga selesai. Dan para santri yang mengikutinya pun dapat beradaptasi dengan soal-soal sesuai instrumen.

Pewarta : Abdu, Fotografer : Nufus

Pelaksanaan ANBK SMK Darul Istiqamah di laboraturium komputer PPM. Darul Istiqamah Putri