Sukseskan ANBK 2022, MA Darul Istiqamah Ikut Berpartisipasi

Barabai (MA Darul Istiqamah) – Madrasah Aliyah (MA) Darul Istiqamah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bagi siswa kelas XI dengan jenis asesmen yang dinilai adalah Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Survei Lingkungan Belajar, dan Survei Karakter yang dilaksanakan dari tanggal 31 Agustus 2022 sampai dengan 1 September 2022.

ANBK tersebut diikuti sebanyak 45 siswa yang dipilih secara acak oleh sistem dan 5 siswa sebagai peserta cadangan. MA Darul Istiqamah menggunakan dua ruangan dan setiap ruangan ada dua sesi.

Kepala MA Darul Istiqamah Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I berharap pelaksanaan ANBK untuk tingkat MA yang sedang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar. “Mudah-mudahan seluruh siswa bisa mengikuti ANBK agar bisa mendapatkan pengalaman yang sama,” harapnya.

Kamad juga mengatakan dengan pelaksanaan ANBK dapat membangun kemampuan peserta didik berpikir kritis, terutama di bidang literasi dan numerasi. Hasil dari ANBK ini dapat menjadi acuan untuk membangun karakter dan lingkungan belajar yang lebih baik.

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kurikulum MA Darul Istiqamah Suleman, S.Pd.I menambahkan, ANBK telah mampu menempatkan siswa sebagai pengguna teknologi yang bermanfaat, di mana mereka dihadapkan pada kemampuan untuk mengoperasikan perangkat komputer dan mengaplikasikan pengetahuan belajar TIK mereka selama ini dalam tajuk ANBK.

Sementara Proktor ANBK Irfani Rahman, S.Pd menjelaskan pelaksanaan ANBK pada tahun ini berjalan dengan lancar “Alhamdulillah pelaksanaan ANBK hari pertama sampai hari terakhir berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Irfani menambahkan ada dua orang siswa yang seharusnya mengikuti ANBK tahun 2022 ini tapi ketika sampai pada hari pelaksanaan tidak bisa mengikuti dikarenakan sedang sakit sehingga digantikan oleh siswa cadangan.

Editor : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Herly
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA