Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah Barabai Raih Juara Dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kabupaten

“…dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.” (Qur’an 83:26)

Allah SWT telah memerintahkan agar manusia berlomba-lomba dalam kebaikan dan juga berlomba-lomba untuk meraih rahmat dan berkahNya. Demi menjalankan perintah tersebut, Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah tak pernah henti berupaya menanamkan jiwa haus akan perbuatan baik kepada para santri dan santriwati. Perbuatan baik adalah merupakan prestasi yang harus selalu diraih oleh umat Islam dalam setiap waktunya, dan kebiasaan ini harus ditanamkan sejak dini dengan dimulai penerapannya oleh keluarga dan didukung oleh lingkungan.

Hal inilah yang kemudian diangkat oleh tim utusan Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah Barabai dalam video pendeknya yang berjudul “Ternyata.”  Tim yang beranggotakan Ikhlas Fajar Muhammad dan M. Khairil Ismitullah dari Kelas XI ini berhasil menjadi Juara II cabang lomba Produksi dan Multimedia. Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah juga mengajarkan nilai “dimana bumi dipijak di sana langit dijunjung.” Dalam artian, hormatilah adat istiadat serta lestarikan kebudayaan yang mampu mendakwahkan nilai-nilai Islam. Salah satunya adalah musik panting yang merupakan musik tradisional khas budaya Banjar. Kecintaan terhadap budaya Banjar ini dibuktikan dengan diraihnya Juara II dalam cabang Musik Panting, yakni oleh tim yang beranggotakan Thantawi Jauhari, Makki, M. Fauzan Azmi, M. Fuadi dan Ahmad Dimiati dari Kelas X. Disusul dengan Juara III Gitar Solo oleh Rizal Muhaimin dari Kelas X.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau FLS2N tingkat SMA/SMK sendiri adalah  wadah para siswa untuk berekspresi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara berjenjang dari kabupaten, provinsi, sampai nasional. Kegiatan ini diikuti oleh sekolah dan pondok pesantren setingkat SMA/SMK.