PPM Darul Istiqamah Gelar Pembekalan Santri/Santriwati Kelas Akhir Tahun 2023

Barabai (PPM Darul Istiqamah) — Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah kembali menyelenggarakan kegiatan Pembekalan yang merupakan aktivitas tahunan untuk santri/santriwati kelas akhir XII (dua belas) Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan IX (sembilan) Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai bekal tambahan untuk mereka melanjutkan perjalanan hidup setelah menjadi alumni PPM Darul Istiqamah Barabai. Kamis, 08/06/2023, bertempat di aula PPM Darul Istiqamah Putri.

Acara pembekalan tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Motivasi dan Membangun Karakter Santri” yang dilaksanakan dari tanggal 31 Mei 2023 s.d. 08 Juni 2023 dengan jumlah peserta pembekalan sebanyak 280 orang dari kelas IX MTs (Putra 65 orang dan Putri 75 orang) dan dari kelas XII MA (putra 41 orang dan putri 57 orang) SMK (putra 27 orang dan putri 15 orang).

Pimpinan Pondok K.H. Hasan Basuni akrab disapa Murabbi sangat senang dan bersyukur kepada Allah Subhanu Wata’ala karena sampai detik ini para santri/santriwati masih bertahan di pondok guna mengikuti rentetan-rentetan kegiatan di kelas akhir sebelum manjadi alumni.

“Maka selesaikanlah akhir pendidikan kalian di pondok ini dengan husnul khotimah,” pesan Murabbi kepada para peserta pembekalan.

Murabbi juga menyampaikan kiat-kiat agar eksistensi kita diakui di masyarakat:
1. Tunjukkan bahwa kita orang baik-baik dengan cara selalu datang ke mesjid shalat 5 waktu berjama’ah, dan tunjukkan bahwa kita adalah orang yang beriman.
2. Tunjukkan bahwa kita orang yang pandai beradaptasi di masyarakat dengan cara mengikuti setiap kegiatan dan selalu siap membantu dalam kepengurusan kegiatan di masyarakat.
3. Tunjukkan bahwa kita selalu sehat, berpenampilan rapi dan bersih.
4. Menjadi pemuda yang pandai hidup mandiri, mempunyai penghasilan sendiri, dan tetap selalu belajar untuk meningkatkan skill dan kualitas diri.

“Santri harus mempunyai rencana atau target untuk masa depan dan harus dipersiapkan dari sekarang serta selalu jaga sehat agar tidak mati perlahan atau mati sebelum mati. Pandai menggunakan waktu secara efesien dan bermanfaat, dan harus belajar menjadi bijaksana dan berfikir dewasa. Selalu waspada akan waktu yang kosong karena kekosongan waktu adalah awal dari kerusakan,” lanjut Murabbi ketika memberi pesan kepada para peserta pembekalan.

Ketua Panitia pelaksana Ustadz Ahmad Magani menuturkan dalam kegiatan ini, diantara para santri/santriwati akan mendapatkan apresiasi berupa hadiah dari panitia penyelenggara untuk kategori santri/santriwati teraktif dalam mengikuti kegiatan dan kategori santri/santriwati dengan catatan terlengkap dari setiap narasumber yang telah menyampaikan materinya.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah bekal para alumni dan dapat beradaptasi dengan baik pada masyarakat, baik masyarakat tempat tinggal, maupun masyarakat sekolah atau perguruan tinggi yang akan mereka tempuh berikutnya,” tutur dan harap Ustadz Magani.

Peserta Pembekalan kelas XII MA IPA M. Noval Ramadhan menyampaikan “Jazakumllah khayran kepada pondok, Murabbi dan ummi serta para Asatidz dan Ustadzaat yang telah memberikan kami bekal guna persiapan kami menapaki masa depan kelak, semoga bekal yang dapatkan cukup untuk dapat menjaga nama baik almamater Darul Istiqamah setelah mereka lulus dari pondok pesantren modern darul istiqamah barabai nantinya,” ucap M. Noval Ramadhan.

Adapun materi yang disampaikan pada acara pembekalan tahun pelajaran 2022/2023 antara lain:

1. Eksistensi Santri Bagi Masyarakat, oleh: K.H. Hasan Basuni
2. Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik, oleh: Ustadzah Elisa Hayatun, SE
3. Berani Menuntut Ilmu Sampai Ke Luar Negeri, oleh: Ustadzah Lena Hanifah, SH, LLM, Ph.D
4. Apa Itu Kenakalan Remaja? Bagaimana Solusinya?, oleh: Ustadz Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I
5. Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Digital, Ustadz Sayyidiman, ST, M.Eng
6. Kepengurusan Jenazah, oleh: Ustadz Norzikri, S.Pd.I & Ustadzah Hanifah, S.Pd.I
7. Long Life Education, oleh: Ustadz Mahrian, S.Pd
8. Pengalaman Selama di Pondok, oleh: Ustadz Suleman, S.Pd.I, Ustadz Abdurahman, S.Pd, Ustadzah Hanifah, S.Pd.I, & Ustadzah Lenny Herdayanti Rukmana, S.Pd.
9. Kebijakan Umum Pengelolaan TKA/TPA BKPRMI, oleh: Ketua BKPRMI
10. Pembuatan Program Mengajar, Kurikulum, Keadministrasian dan Metodologi IQRA 1, 2, 3, 4, 5, 6 oleh: BKPMRI HST
11. Mari Bela Negara Untuk Mewujudkan Indonesia yang Aman dan Sejahtera, oleh: KODIM 1002 Barabai
12. Menumbuhkan Generasi Anti Narkoba, Menuju Generasi Santri Berprestasi, oleh: Polres Hulu Sungai Tengah
13. Character Building, Personal Branding, oleh: Ustadz Fadliansyah
14. Menjaga Diri dari Pergaulan Bebas, oleh: Ustadzah Noviea Herliyani, S.Pd
15. Peran Penting Panca Jiwa Pondok dalam Keseharian, oleh: Ustadz Halim Rofi’i, S.Pd
16. Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat, oleh: Puskesmas Awang Besar
17. IKAMADI dan Dunia Perkuliahan, oleh: IKAMADI Banjarmasin

Penulis: MB
Editor: Ustadzah Lena Hanifah, SH, LLM, Ph.D
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA