PPM Darul Istiqamah Raih 5 Titel Juara KSM Tingkat Kabupaten/Kota HST Tahun 2023

Barabai (PPM Darul Istiqamah) — Lima santri/santriwati atau peserta didik (pesdik) Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah berhasil meraih juara pada Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 tingkat Kabupaten/Kota yang diadakan di Laboratorium Komputer Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Hulu Sungai Tengah (HST), 08 Juli 2023.

Informasi tersebut berdasarkan pengumuman hasil KSM tahun 2023 pada laman https://ksm.kemenag.go.id/web/pengumuman pada hari Jum’at (14/07/23).

Lima orang santri/santriwati mampu melewati nilai ambang batas atau passing grade yang ditetapkan panitia KSM dan peserta yang mencapai atau melewati passing grade atau Juara 1,2,3,4 dan 5 berhak mengikuti KSM tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada 5 – 6 Agustus 2023 mendatang.

Santri/santriwati yang menjadi juara kali ini yakni, dari jenjang Madrasah Aliyah (MA) Herdayanti sebagai juara 4 empat bidang studi Biologi Terintegrasi, dan Jamaliah sebagai juara 4 bidang studi Fisika Terintegrasi. Adapun jenjang MTs Qathrinnida Adzkia sebagai Juara 1 mata pelajaran (mapel) IPA Terpadu, Mohamad Raihan Al Bahri sebagai juara 5 mapel IPS Terpadu dan Muhammad Fahreza sebagai juara mapel Matematika Terintegrasi.

Pimpinan Pondok K.H. Hasan Basuni akrab disapa Murabbi sangat senang dan bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan, salah satunya adalah keberhasilan para santri/santriwati PPM Darul Istiqamah dalam menjuarai KSM 2023 tingkat kabupaten/kota dan terpilih sebagai perwakilan kabupaten ke tingkat provinsi.

“Ini adalah indikasi bahwasanya santri-santriwati di Darul Istiqamah ini orangnya pintar-pintar dan hal ini membuat hati saya senang karena apa yang saya harapkan untuk Pondok Darul Istiqamah kedepannya sudah mulai terwujud,” ucap Murabbi.

Kepala MِِِِA Darul Istiqamah Ustadz Muhammad Ruliyadi, S.Pd.I mengapresiasi atas prestasi santri/santriwati PPM Darul Istiqamah.

“Alhamdulilah, Insya Allah 5 santri/santriwati Pondok Darul Istiqamah berhak mengikuti ke KSM tingkat Provinsi. Semoga dapat terus berpestasi hingga ke tingkat nasional,” ujar Ustadz Ruliyadi.

Sementara salah satu juara Qathrinnida Adzkia mapel IPA Terpadu mengatakan akan lebih giat lagi belajar guna mempersiapkan diri meghadapi KSM tingkat provinsi nanti.

“Kami minta do’anya pada murabbi dan ummi, para asatidz dan ustadzaat, serta teman pondok agar kami diberikan kekuatan dan kemudahan untuk menghadapi beberapa rintangan soal-soal kedepannya dan kami akan lebih giat lagi belajar serta memperdalam mata pelajaran yang akan diujikan, sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi pondok,” pungkas Qathrinnida Adzkia.

Penulis: Baqi
Foto: Irfani