PPM Darul Istiqamah Utus Satu Kader Ikuti Daurah Internasional Metode mengajar Bahasa Arab di Universitas Ummul Qura Mekkah

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Satu Tenaga Pendidik Kader Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah dinyatakan telah menyelesaikan tugasnya dalam mengikuti program pendidikan intensif (Dauroh) bagi kader guru pesantren yang bertajuk Dauroh Internasional 4 Negara 3 Benua, salah satunya Program Kepakaran Bahasa Arab yang bertempat di Universitas Ummul Qura Mekkah Arab Saudi. Senin, 15 Januari 2024.

Program pendidikan intensif ini disponsori oleh Lazis Assalam Fil Alamin (ASFA) bekerja sama dengan Universitas Ummul Qura Mekkah, yaitu salah satu perguruan tinggi ternama di Timur Tengah yang didirikan pada tahun 1981 di Mekkah Arab Saudi.

Adapun terlaksananya program pendidikan intensif Metode mengajar bahasa Arab ini dalam rangka untuk peningkatan kualitas pengajaran bahasa Arab di pesantren dan lembaga pendidikan lainnya. Program yang berlangsung selama 35 hari ini diikuti sebanyak 42 orang peserta yang berasal dari pesantren dan lembaga pendidikan khususnya di daerah Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Barat.

Kader PPM Darul Istiqamah yang ditugaskan oleh Pimpinan Pondok untuk mengikuti program di Ummul Qura, Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc, menuturkan bahwa selain mempelajari Metode mengajar Bahasa Arab dan kurikulum yang diterapkan di Markaz lughoh Ummul Qura, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki Bacaan Qur’an (Tahsin Al-Qur’an).

“Alhamdulillah, di sini selain diajarkan metode terbaru dalam mengajar bahasa Arab, kami para peserta kader pesantren juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program di luar kelas perkuliahan seperti tahsin al-Qur’an dan setoran hafalan ke para Imam Masjidil Harom yang berlangsung dari setelah ashar hingga malam hari,” tutur Ustadz Ahmad Nailul Fadli.

Penulis: MB
Editor: Ustadz Ahmad Nailul Fadli, Lc
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA