Santri Belajar Berwirausaha Melalui Kegiatan Bazar 2022

Barabai – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Barabai mengadakan kegiatan Bazar 2022 di pondok putra pada Sabtu (27/8/2022). Pendidikan merupakan pintu gerbang generasi penerus bangsa dalam membentuk karakter pribadi yang unggul, baik secara individu maupun kelompok. Dan kewirausahaan adalah salah satu alternatif untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki anak bangsa. Agar bisa menanamkan nilai-nilai kewirausahaan tersebut sejak dini.

Bazar dibuka dan diresmikan langsung oleh KH. Hasan Basuni selaku Pimpinan PPM. Darul Istiqamah dan didampingi oleh ibu pengasuh Hj. Siti Shalehah, S.Pd.I dengan prosesi pengguntingan pita dan dilanjutkan sambutan, presentasi produk oleh santri. Serta tak lupa berkeliling meninjau ke seluruh stand bazar.

Diselenggarakan dari pukul 08.00 pagi sampai dengan 16.30 sore, dan diikuti oleh seluruh perwakilan kelas VII, VIII, IX Madrasah Tsanawiyah, dan X, XI, XII Madrasah Aliyah serta Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan bazar menjual berbagai aneka makanan dan minuman.

Melalui kegiatan Bazar ini diharapkan para santri dapat belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian, mengasah jiwa entrepreneurship ( wirausaha ) sejak dini, mengajarkan sikap mandiri, jujur, kreatif, kerjasama, tanggung jawab, dan pantang menyerah. juga sebagai ajang kompetisi antar kelas untuk menampilkan produk dan desain stand terbaik.

Adanya apresiasi dan motivasi dari Pimpinan PPM. Darul Istiqamah semakin menambah semangat para santri yang bertugas di stand bazar. Hal ini terbukti dalam waktu yang tidak lama produk yang mereka tawarkan di stand masing-masing kelas laris manis terjual.

Para santri sangat antusias dan berupaya semaksimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik. “Ini pengalaman yang berharga, hari ini saya belajar bagaimana menjadi pedagang dan belajar cara melayani konsumen. Kebetulan stand kami banyak pembelinya,” ujar Nabil salah satu peserta bazar.

Pewarta : Abdu
Fotografer : Bagian Dokumentasi dan Publikasi