Selamat Berjuang Adik Alif Razak Fadillah Pada Ajang Jamnas Ke-XI di Cibubur

Barabai – Salah satu santri Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah Muhammad Alif Razak Fadillah santri kelas VII MTs terpilih sebagai peserta Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI kontingen cabang Hulu Sungai Tengah daerah Kalimantan Selatan. Kamis, 11 Agustus 2022.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Indonesia kembali melaksanakan Jambore Nasional atau Jamnas ke-XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta pada 14 – 21 Agustus 2022. Jamnas merupakan acara lima tahun sekali yang diselenggarakan yang diikuti oleh berbagai perwakilan dari masing-masing kwartir cabang (kwarcab) di tingkat kota atau kabupaten.

Pada penyelenggaran jambore nasional kesebelas ini, tema yang diambil adalah “Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi”. Tema ini dipilih sebagai bentuk pengharapan untuk meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan, serta membentuk sikap dan perilaku anggota pramuka guna mempertahankan komitmen dan penghayatan terhadap Satya dan Darma Pramuka.

Acara yang akan dimulai kurang dari dua minggu ini diperkirakan akan dihadiri oleh 11.506 utusan penggalang putra dan putri dari kwarcab di seluruh Indonesia. Selain itu, acara ini diperkirakan juga akan dihadiri oleh perwakilan Gugus Depan yang berpangkalan di Kedutaan Besar Republik Indonesia serta anggota Kepanduan Kawasan Asia Pasifik.

Kegiatan ini direncanakan akan dibuka langsung Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 pada 14 Agustus 2022. Sementara itu, penutupan Jamnas ke-XI akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2022 Wakil Presiden RI, Ir. H. Ma’ruf Amin, selaku Wakil Ketua Mabinas Gerakan Pramuka.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu tersebut, setidaknya akan ditujukan untuk mengembangkan lima hal utama, yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik. Oleh karena itu, 80 persen bentuk kegiatan direncanakan dilakukan di area perkemahan induk, sedangkan 20 persen kegiatan lainnya dilakukan di luar perkemahan.

Sebab dilaksanakan di tengah kondisi pandemi yang belum benar-benar mereda dan diikuti oleh belasan ribu peserta, Panitia Pelaksana Jamnas ke-XI memberikan persyaratan bahwa seluruh peserta perkemahan setidaknya telah mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap II. Selain itu, seluruh peserta juga akan dites melalui swab PCR dan antigen saat proses pendaftaran ulang di tempat.

Apabila salah satu peserta ditemukan terpapar COVID-19, maka dilakukan pengisolasian mandiri hingga dinyatakan sembuh pada lokasi yang telah disediakan oleh panitia.

Imbauan serupa juga disampaikan Budi Waseso selaku Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka agar pelaksanaan Jamnas ke-XI pada 2022 dapat berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan kendati berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

Dikutip dari situs https://nasional.tempo.co/read/1618347/kak-jokowi-akan-membuka-jambore-nasional-pramuka-ke-xi-di-cibubur-14-agustus-2022

Pimpinan Pondok K.H. Hasan Basuni yang akrab disapa Murabbi sekaligus Mabigus 01.06.01 Pangkalan PPMDI Putra, sangat mengapresiasi terpilihnya adik Muhammad Alif Razak Fadillah sebagai peserta pada jamnas kali ini.

“Semangat dan teruslah berjuang mengikuti kegiatan Jambore Nasional 2022 dengan sebaik mungkin serta jaga kesehatan selama berlangsungnya kegiatan,” pungkas Murabbi.

Murabbi menambahkan pendidikan kepramukaan merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia guna membangun karakter dan watak yang kuat.

“Melalui pendidikan kepramukaan bukan hanya membangun kaum muda yang cerdas menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi kaum muda yang tangguh kepribadian, luhur budi pekerti, dan menjunjung rasa kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,” tambah Murabbi.

Penulis: Baqi
Foto: Ustadz Ruli