Jelang Hari Kemerdekaan RI Ke-77, PPMDI Utus 20 Santri Ikuti Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan

Barabai – Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) Putra, hadiri sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan bagi Santri Se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang di selenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Bertempat di Balai Rakyat, Rabu (10/08/2022 ).

Turut hadir, sebagai narasumber pada kegiatan ini Kapolres HST, AKBP Sigit Hariyadi, S.I.K., M.H, Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana, SIP., M.Han., Ketua DPRD HST, H Rachmadi, kepala Kejaksaan Negeri HST, Faizal Banu, S.H., M.Hum., Ketua Pengadilan Negeri Barabai, Muslim Setiawan, S.H.

Bupati Hulu Sungai Tengah, H Aulia Oktafiandi, S.T.MApp.Com dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengapresiasi para santri yang hadir di kegiatan ini.

“Saya bangga dengan para santri pondok pesantren, karena mereka memiliki lingkungan yang baik dan berdisiplin sehingga terhindar dari penggunaan sosmed yang berlebih, berita hoax, serta mampu melawan Radikalisme, Terorisme, dan Narkotika di masa ini,” Pungkas Pa Aulia.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sekaligus Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Mardiyono, S.Pd, menyampaikan kegiatan ini mengundang 5 Pondok Pesantren yang terbanyak santrinya di wilayah HST, setiap pondok pesantren mengutus 20 santrinya untuk berpatisipasi dalam kegiatan ini.

Peningkatan wawasan kebangsaan bagi santri dipandang sangat penting dan strategis untuk dilaksanakan sebagai upaya mensosialisasikan undang-undang dalam rangka menumbuh kembangkan kecintaan terhadap tanah air dan tanah tumpah darah Indonesia dan membina kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Melalui kegiatan in diharapkan bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi segala bentuk gejolak yang akan terjadi, sebagai upaya kita mengantisipasi berbagai potensi kemungkinan terjadinya konflik, baik yang bernuansa SARA maupun politik demi mencapai tujuan yang diharapkan,” ujar Pa Mardiyono.

Muhammad Arman Nur Ilhamsyah santri kelas XII MA Bahasa yang ikut dalam kegiatan ini mengatakan, sangat berterima kasih kepada para panitia dan para tokoh-tokoh terkemuka di HST yang telah memberikan ilmu dan nasehatnya sehingga wawasan kami semakin terbuka dan bertambah luas.

Penulis: Baqi
Foto: Ustadz Ruli, Shufi, Arya