SMK Darul Istiqamah Laksanakan ANBK 2021

Barabai SMK Darul Istiqamah : Senin (20/9), pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Istiqamah berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mahrian, S.Pd selaku Kepala SMK Darul Istiqamah mengatakan, sebelum ANBK digelar, terlebih dahulu dilakukan simulasi untuk memastikan infrastruktur pendukung seperti peralatan komputer serta konektivitas internet masih baik. Dia menegaskan, tidak ada konsekuensi nilai ANBK terhadap individu siswa, guru, dan kepala sekolah. ANBK bertujuan memetakan kondisi pembelajaran di setiap sekolah.

“Hal mendasar lainnya dari ANBK ini adalah untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. ANBK bukan dirancang sebagai pengganti UN, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan,” sebut Mahrian.

M. Herliridhani selaku proktor mengatakan, secara umum pelaksanaan hari pertama ANBK untuk SMK berjalan lancar walau ada insiden gangguan sinyal dikarenakan jaringan Indihome yang bermasalah.

“Para santri dan santriwati terlihat bersemangat dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan” ucap Ustadz Herli.

Pada pelaksanaan ANBK kali ini jumlah siswa yang mengikuti adalah sebanyak 44 orang yang dibagi menjadi 2 sesi, Sesi pertama 28 Santri dan Sesi kedua 16 santriwati.

Adapun materi ujian hari pertama adalah Literasi dengan pembagian waktu latihan 10 menit, tes literasi 90 menit, survei karakter 30 menit dan hari kedua Numerasi dengan pembagian waktu latihan 10 menit, tes materi numerasi 90 menit dan survei karakter 30 menit.

Editor : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Edo
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA