Sukseskan BIAN, MI Plus Darul Istiqamah laksanakan Imunisasi Campak

Barabai (MIP Darul Istiqamah) – Dalam rangka upaya pencegahan penyakit campak, 73 murid Madrasah Ibtidaiyah Plus (MIP) Darul Istiqamah terima Vaksinasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Campak dari petugas Puskesmas Awang Besar, Kamis (09/06/22).

Rubiyati, A.Md.Keb. , salah satu petugas dari Puskesmas menyampaikan, secara umum Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) bertujuan untuk memberikan perlindungan jangka panjang bagi anak terhadap penyakit Campak, sedangkan tujuan khususnya agar semua anak tingkat SD dan MI mendapat Imunisasi Campak lengkap untuk memberikan perlindungan seumur hidup terhadap Campak.

Diterangkan Rubiyati bahwa Campak adalah infeksi yang disebabkan virus yang gejalanya berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa campak merupakan salah satu penyebab utama meninggalnya anak di dunia terutama terjadi di Negara berkembang. “Namun penggunaan vaksin campak mengakibatkan terjadinya penurunan kematian akibat campak,” terangnya.

Selanjutnya Rubiyati memberikan apresiasi kepada MIP Darul Istiqamah dikarenakan antusias orangtua datang ke madrasah membawa anaknya untuk diberikan imunisasi sangat tinggi. Dari 142 murid tersebut katanya, memang ada beberapa orang yang tidak ikut imunisasi dengan alasan tubuh anaknya panas dan alasan lainnya. “Alhamdulillah dengan adanya sosialisasi dari Wali Kelas, akhirnya lebih kurang 52% anak dapat diimunisasi ,” ungkapnya.

Sementara Arifa Munawwarah penanggung jawab Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MIP Darul Istiqamah merasa senang akhirnya kegiatan BIAN Campak berjalan dengan lancar. Tidak lupa dia mewakili MIP Darul Istiqamah mengucapkan terima kasihnya kepada petugas Puskemas Awang Besar yang telah melakukan tugas memberikan vaksin Campak dengan sebaik-baiknya.

“Terima kasih atas kegiatan BIAN di madrasah kami semoga anak-anak kita tambah sehat dan tubuhnya tidak mudah diserang oleh penyakit,” ucapnya.

Editor : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Adi Mulkani
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA