Ujian Syafahi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 di PPMDI

Barabai (PPMDI) – Pelaksanaan Ujian Syafahi di Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 telah dimulai dari tanggal 24 November hingga 30 November 2022.

Ujian Syafahi atau disebut juga ujian lisan, diikuti oleh seluruh santri dan santriwati dari tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Menurut ustadz Suleman, S.Pd.I selaku ketua pelaksa ujian di PPMDI, Adanya Ujian Syafahi memiliki peran penting dalam mengukur kemampuan para santri dan santriwati. Sehingga dewan guru dapat melihat langsung sejauh mana para santri dalam menguasai dan memahami pelajaran yang telah dipelajari selama satu semester.

“Ujian Syafahi ini juga sebagai persiapan para santri untuk menghadapi ujian tertulis nantinya. Mari kita doakan anak-anak santri diberikan kesehatan, motivasi dan semangat dalam belajar”, ujarnya disela kegiatan persiapan ujian.

Ustadz Suleman juga menyampaikan materi ujian lisan terdiri dari; Bahasa Arab meliputi mahfudzot, mutholaah, durusullughoh, nahwu, shorof, mufradat, imla, insya. Materi Bahasa Inggris meliputi vocabularies, grammar, translation, reading, speaking. Materi Al-Quran meliputi Qiroah, tajwid, ibadah amaliyah, doa-doa, hafalan al-Qur’an , fiqih dan lain sebagainya.

Penulis : Abdu