Ujian Tahriri Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023

Barabai (PPMDI) – Setelah selesai Ujian Syafahi, agenda para santri Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) Barabai dilanjutkan dengan ujian Tahriri, dimulai dari tanggal 1 Desember sampai dengan 16 Desember 2022.

Ujian Tahriri atau ujian tertulis dibagi menjadi dua waktu pelaksanaannya, yakni ujian tahriri mata pelajaran (mapel) umum seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dilaksanakan dari 1 Desember s.d. 10 Desember 2022. Dan ujian tahriri mapel pondok seperti Durusullughah, Muthalaah, dari 12 Desember s.d. 16 Desember 2022.

Bagi lembaga pendidikan, ujian merupakan sarana untuk mengetahui perkembangan anak didik dalam hal penguasaan materi dan tingkat pemahaman yang telah diajarkan. Juga sebagai wadah para santri mengukur tingkat pengetahuan serta skill masing-masing individu.

Ustadz M. Irfanirahman, S.Pd selaku tim pelaksana ujian tahriri mengatakan, ujian syafahi dan ujian tahriri adalah salah satu agenda besar di PPMDI.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebenarnya ujian tidak hanya meliputi aspek akademis, namun juga mencakup aspek mental. Sehingga ujian yang dilaksanakan di PPMDI menuntut seluruh santri dan asatidz untuk bersungguh-sungguh.

“Pelajaran yang bisa diambil dari adanya ujian adalah mengajarkan para santri untuk berakhlak baik, seperti bersikap jujur”, katanya.

Setelah selesai ujian, agenda santri dilanjutkan dengan lomba classmeeting, dan pembagian buku raport hasil belajar semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 pada tanggal 24 Desember 2022.

Penulis : Abdu