Ustadzah Kiki “Kita harus merdeka secara akal pikiran untuk melawan penjajahan moral, akhlak dan pikiran”

Barabai (PPMDI) – Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) Putra melaksanakan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Lapangan Utama PPMDI, Rabu (17/08/2022)

Pimpinan Pondok Pesanten Modern Darul Istiqamah KH Hasan Basuni yang diwakili oleh Usth Kiki Mustaqimah menyampaikan “Kemerdekaan harus dimaknai secara dalam. Merdeka bukan hanya sekedar merdeka hidup dari penjajahan. Merdeka secara khusus maknanya adalah menang, mendapat kebebasan, namun kebebasan disini haruslah kebebasan yang terarah, kebebasan yang positif. Maka arti merdeka juga adalah menang dari segala belenggu keburukan, merdeka dari pengaruh buruk zaman, merdeka untuk menentukan masa depan, merdeka melawan hawa nafsu seperti rasa malas, takut untuk maju dalam hal kebaikan, dan lain sebagainya.,” ucapnya.

“Kita harus merdeka secara akal pikiran untuk melawan penjajahan moral, akhlak dan pikiran, tapi tetap didasari dengan keimanan dan akhlak yang baik sesuai syariat Islam,” lanjutnya.

Ditemui setelah upacara selesai, ketua panitia upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Ustadz Nur Saftiwan menjelaskan persiapan acara ini dilakukan sekitar dua minggu dengan melatih para petugas upacara dan pasukan pengibar bendera (Paskibra) serta pembuatan panggung untuk upacara, “Atas kerjasama antar sesama anggota dan pengurus OPPM, alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan,” lanjutnya.

Para petugas Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yaitu:
Inspektur Upacara : Ustadzah Kiki Mustaqimah
Pemimpin Upacara : Akhina Syaqir Rusydianur
Ketua Paskibra : Akhina Ikhwan Anshari
Pembaca Teks Proklamasi : Ustadz Fajrin
Pembaca UUD 1945 : Ustadz Ahmad Maghani
Pembawa Acara : Ustadz Muhammad Rifqi Anwari

Setelah upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 ini kegiatan dilanjutkan dengan lomba antar santri untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Editor : Muhammad Rifqi Anwari
Photographer : Asrari Fauzan
COPYRIGHT © DARUL ISTIQAMAH MEDIA