KOPASTRADA MTs Darul Istiqamah Raih Juara Umum GGSC III ULM

Penyerahan Trofi Juara Umum Oleh Panitia Lomba GGSC III ULM kepada anggota KOPASTRADA MTs Darul Istiqamah

Barabai (MTs Darul Istiqamah) – Komando Pasukan Terampil Darul Istiqamah (Kopastrada) Regu Putra dan Putri pangkalan gugus depan 01.06.01/01.06.02 Pondok Pesantren Modern Darul Istiqamah (PPMDI) berhasil meraih juara umum pada ajang lomba Gold Generation Scout Competition Part III (GGSC III) tingkat Penggalang/SLTP/sederajat se-Kalimantan Selatan tahun 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Agrowisata Tambang Ulang, Tanah Laut, Ahad (30/10/22).

Kegiatan GGSC III diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Universitas Lambung Mangkurat (ULM) gugus depan Kota Banjarmasin 02-095-02-096. Kegiatan kali ini mengangkat tema “GLAMOR (Galang Gembira Olah Karya)” dimulai dari tanggal 27 s.d. 30 Oktober 2022. Agenda ini mengikutsertakan 280 pelajar, terdiri dari 15 regu putra, 13 regu putri, dan 30 bina pendamping.

MTs Darul Istiqamah mengutus 20 siswa/siswinya untuk mengikuti kegiatan ini dengan 10 orang per regunya. Peserta putra 10 orang dan peserta putri 10 orang dan 3 orang Bina Damping (Bindam).

“Selamat kepada peserta dan pembimbing atas keberhasilannya menjadi juara umum pada acara GGSC III, terus lah belajar, berjuang dan berkarya untuk mengembangkan bakat diri, semoga dengan keberhasilan ini tetap menjadikan kalian rendah hati,” ungkap Ustadzah Hanifah, S.Pd.I selaku Kepala MTs Darul Istiqamah.

“Alhamdulillah, anak-anak sudah berusaha dengan keras untuk bisa berkiprah dan berprestasi di lomba GGSC III ULM kali ini, termasuk latihan intensif di madrasah sebelum lomba digelar hingga mampu meraih juara umum untuk dipersembahkan bagi madrasah dan PPMDI khususnya,” lanjut Ustadzah Hanifah.

“Syukran kepada Murabbi dan Ummi yang selalu mendukung kegiatan positif untuk santi dan santriwati,” tutup Ustadzah Hanifah.

Koordinator Kopastrada penggalang Ustadz M. Herliridhani mengungkapkan, rasa syukur yang tak terhingga serta ucapan terima kasih kepada Murabbi dan Ummi, Kepala Madrasah (Kamad) dan pembina pramuka yang telah banyak mendukung dari awal persiapan sampai bisa mengikuti lomba hingga akhir.

“Kami bisa meraih juara ini merupakan prestasi bersama berkat dukungan penuh dari Murabbi dan Ummi, Kamad, dewan guru serta pembina pramuka sebagai pendamping regu yang terus melatih kami saat persiapan sampai akhir lomba,” ujar Ustadz Herliridhani.

“Semua raihan juara anggota kopastrada dalam ajang lomba GGSC III ULM adalah hasil kerja keras dan semangat pantang menyerah walaupun bersaing dengan sekolah/madrasah unggulan dari daerah lain,” tandas Ustadzah Noviea Herliani, S.Pd selaku Pembina Kopastrada PPMDI.

Trofi yang berhasil diraih regu putra sebanyak 8 trofi dan regu putri 10 trofi.

Hasil rekapitulasi perolehan juara Kopastrada tingkat penggalang di ajang lomba Gold Generation Scout Competition Part III (GGSC III) tahun 2022:

Regu Putra:
Fotogenik (Juara 1)
Hasta Karya (Juara 1)
Pionering (Juara 3)
Yel-Yel Kreasi (Juara 1)
Administrasi (Juara 1)
Cerdas Cermat (Juara 1)
Wide Game (Juara 1)
Memasak (Juara 1)

Regu Putri:
Tenda (Juara 1)
Fotogenik (Juara 1)
Hasta Karya (Juara 2)
Pionering (Juara 1)
Yel-Yel Kreasi (Juara 1)
Administrasi (Juara 2)
Cerdas Cermat (Juara 1)
Wide Game (Juara 1)
Memasak (Juara 1)
Penghargaan Regu Terheboh Putri

Gubernur Kalimantan Selatan Dr. (HC) H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. akrab disapa paman birin turut ikut berpatisipasi dalam memeriahkan kegiatan ini, dan berswafoto bersama para peserta juara umum lomba GGSC III di bumi perkemahan agrowisata tambang ulang.

“Luar biasa anak pesantren menjadi juara umum, berturut-turut dari GELORA sampai GGSC,” ucap Paman Birin saat di sela-sela foto bersama.

Gubernur Kal-sel, Paman Birin berswafoto bersama anggota Kopastrada MTs Darul Istiqamah

Mufidatunnajwa siswi kelas IX MTs sekaligus anggota kopastrada tingkat penggalang turut bahagia atas keberhasilannya beserta para rekan-rekannya atas gelar juara umum yang mereka peroleh. Terlebih Mufidatunnajwa berhasil menjawab tantangan dari paman birin untuk melafalkan Dasa Dharma Pramuka tanpa teks dan mendapatkan hadiah senilai satu juta rupiah.

“Alhamdulillah, madarasah kami kembali meraih juara umum pada kegiatan kepramukaan tingkat penggalang se-Kalimantan Selatan, setelah sebelumnya tingkat penegak juga memperoleh juara umum,” ucap Mufidatunnajwa.

“Semoga kami bisa menginspirasi para siswa lainnya khususnya madrasah kami agar bisa menancapkan asa di bidang kepramukaan untuk generasi yang akan datang,” tutup Mufidatunnajwa.

Penulis: Baqi
Foto: Ustadz Fadliansyah, Ustadzah Noviea Herliani
Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA