KOPASTRADA PPMDI Raih Juara Umum di Pagelaran Gelora Ke XI

Pelaihari (Humas PPMDI) – Komando Pasukan Terampil Darul Istiqamah (Kopastrada) Sangga Putra dan Putri menyabet juara umum pada Gelar Lomba Pramuka Penegak (Gelora) ke- XI se Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng).

Dibuka Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasa Sama, Dr. Irfan Noor, M.Hum di Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang Pelaihari, Tanah Laut, pada 20 Oktober 2022, Gelora ke XI resmi ditutup oleh Rektor Prof. Dr. H. Mujiburrahman melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. Irfan Noor, M.Hum Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang Pelaihari, Tanah Laut, Ahad (23/10/2022) pagi.

“Ke depannya, diharapkan juga bisa mengundang dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat, maupun Kalimantan Utara, sehingga bisa menjadi tingkat regional, layaknya ajang Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF), karena yang nasional sudah ada di bawah pengelolaan Kementerian Agama,” pesan Dr. Irfan Noor, M.Hum, mewakili Ketua Majelis Pembimbing Prof. Dr. H. Mujiburrahman, M.A., dalam sambutannya.

Kegiatan Gelora XI diselenggarakan oleh Dewan Racana Pangeran Antasari-Dewi Saranti Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Banjarmasin 03.167 – 03.168 Pangkalan UIN Antasari diiukuti oleh 320 pelajar, terdiri dari 17 sangga putra, 15 sangga putri, dan 32 bina pendamping.

PPMDI mengutus 20 santri/santriwati dengan 10 orang per sangganya. Peserta putra 10 orang dan peserta putri 10 orang, Penanggung Jawab Keamanan dan Kesehatan 8 orang dengan Bina Damping (Bindam) 2 orang.

Pengumuman juara diketahui, setelah melihat dan mendengar pengumuman penetapan juara Gelora oleh panitia lomba. Ahad (23/10/22).

Trofi yang berhasil diraih sangga putra sebanyak 11 trofi dan sangga putri 10 trofi.

Daftar Perolehan Juara Kopastrada Sangga Putra dan Putri di Gelora ke XI:

Sangga Putra:
Scout Intellect Competition (SIC): Juara 1
Teknologi Tepat Guna (TTG): Juara 3
Semaphore, Morse, Sandi (SMS): Juara 1
Business Plan: Juara 2
Tari Kreasi Nusantara: Juara 2
Papan Kreasi: Juara 1
Hasta Karya: Juara 5
Master Cooking of Gelora XI: Juara 1
Gelora News: 4
Short Movie: Juara 2
Booth Camp: Juara 1

Sangga Putri:
Semaphore, Morse, Sandi (SMS): Juara 5
Business Plan: Juara 3
Teknologi Tepat Guna (TTG): Juara 2
Tari Kreasi Nusantara: Juara 2
Papan Kreasi: Juara 2
Hasta Karya: Juara 1
Master Cooking of Gelora XI: Juara 1
Film Dokumenter: Juara 1
Gelora News: Juara 1
Booth Camp: Juara 1

Pembina Kopastrada, Ustadzah Noviea Herliani, S.Pd, bersyukur dan bangga atas pencapaian yang telah berhasil diraih anggota kopastrada.

“Alhamdulillah, kami kopastrada bisa mengharumkan nama pondok di gelora tingkat Kalsel-teng, jazakummullahu khairan kepada Murabbi & Ummi atas motivasi dan ridhonya serta dukungan penuh para asadiz dan ustadzaat dalam kelancaran dan kesuksesan kami semua,” papar Ustadzah Noviea.

“Alhamdulillah, sangga putra sudah menjuarai ajang ini sebanyak 4 kali, jadi kali ini memperoleh trofi yang baru. Sedangkan sangga putri menjuarai ajang ini sudah 3 kali dan menjadi piala bertahan untuk sangga putri,” tambah Ustadzah Noviea.

“Alhamdulillah, berkah usaha yang maksimal diiringi dengan do’a kami bisa mendapatakan hasil yang sangat memuaskan dan menjadi juara umum pada gelora ke-XI kali ini, yang di selenggarakan oleh Dewan Racana Pramuka UIN Antasari di Tambang Ulang Pelaihari,” tutup Ustadzah Noviea.

Penulis: Baqi
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA