Manasik Haji PPM Darul Istiqamah 2023: Ajang Edukasi Ibadah Haji

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah laksanakan kegiatan praktik manasik haji yang dikhusukan untuk santri baru kelas VII (tujuh) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan X (sepuluh) Madrasah Aliyah (MA) serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertempat di lapangan PPM Darul Istiqamah Putra, Kamis (10/08/23).

Praktik manasik haji ini sudah menjadi agenda tahunan untuk seluruh siswa/siswi baru kelas VII MTs dan kelas XI MA/SMK Darul Istiqamah. Acara ini dilaksanakan pada jam pelajaran kedua dan ketiga tepatnya pukul 08.00 s.d. 09.20 Wita agar para santri lebih nyaman dan mudah dalam melaksanakan kegiatan serta agar suasana tidak terlalu panas.

Penyesuaian tempat praktik manasik haji diatur sedemikian rupa oleh panitia sehingga menyerupai dengan lokasi dan denah di tanah suci, agar menjadi gambaran yang cukup untuk para santri. Seluruh peserta yang mengikuti praktik manasik haji pun menggunakan baju koko putih sebagai perumpamaan pakaian ihram serta 3 orang santri yang menggunakan kain ihram sebagai bentuk percontohan penggunaan kain ihram yang benar.

Pimpinan pondok melalui ketua panitia pelaksana praktik manasik haji, Ustadz Halim Rofi’i, S.Pd, menuturkan sebelum kegiatan ini berlangsung, para Asatidz yang menjadi panitia berkoordinasi untuk mendapat pengarahan yang cukup terkait pelaksanaan praktiknya.

“Para panitia pelaksana yang diberi amanat untuk membimbing manasik haji pun diberikan arahan terlebih dahulu sebelum acara guna menyamakan persepsi tentang pelaksanaan praktik haji serta memperdalam pemahaman,” tutur Ustadz Halim.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai wujud pengenalan tentang rukun Islam yang ke-5 yaitu melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu serta untuk meningkatkan dan menanamkan pemahaman santri tentang urutan kegiatan ibadah haji, mulai dari tata cara melakukan, rukun, sunnah hingga hal-hal yang tidak diperbolehkan ketika haji,” lanjut Ustadz Halim.

Ustadz Halim menambahkan, para santri juga diarahkan menyaksikan melalui media visual bagaimana pelaksanaan urutan kegaitan ibadah haji bersama-sama, yang dilaksanakan satu hari sebelum mereka menjalankan praktik yang bertempat di laboratorium PPM Darul Istiqamah Putra.

Muhammad Al-Rifkiansyah santri kelas X MA B sangat berterima kasih kepada pihak pondok dan para asatidz panitia manasik haji ini, “Dengan diadakannya kegiatan ini kami bisa mengenal lebih dalam tentang rukun Islam yang ke-5 ini guna bekal kami kelak,” ucap Rifkiansyah.

Kegiatan ini dilaksanakan di dalam area pondok putra dengan menentukan beberapa tempat khusus sebagai area praktik tata cara Miqat, Thawaf, Sa‘i, melempar Jumrah, dan lain sebagainya.

Penulis: MB
Foto: Arya