Pondok Putri Kembali Ungguli Pondok Putra Dalam Ajang Aktivitas Ramadhan 1445 H Hingga Rebut Piala Bergilir

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah putri berhasil merebut kembali gelar juara umum dalam ajang perlombaan “Aktivitas Ramadhan” tahun 2024. Bertempat di aula PPM Darul Istiqamah putra. (Kamis, 21 Maret 2024 / 10 Ramadhan 1445 H).

Kegiatan aktivitas ramadhan yang telah berlangsung selama 10 hari, diawali pada 12 s.d. 21 Maret 2024 ini mengangkat tema “Bersama Ramadhan, Raih Keberkahan, Taklukan Dunia dengan Membentuk Generasi SMART (Shaleh, Mandiri, Amanah, Rajin dan Tangguh),” dengan melombakan 24 macam perlombaan bernuansa Islami yang harus diikuti oleh setiap santri putra dan putri Darul Istiqamah, minimal satu orang satu lomba. Dengan harapan agar menumbuhkan jiwa kompetitif dan daya saing serta mengasah skill santri putra dan putri PPM Darul Istiqamah Barabai.

Pimpinan pondok, K.H. Hasan Basuni mengawali sambutannya dengan bersyukur atas limpahan karunia dan hidayah-Nya hingga terlaksananya agenda aktivitas ramadhan di PPM Darul Istiqamah ini untuk yang kesekian kalinya. K.H. Hasan Basuni menyampaikan kegembiraan atas euforia aktivitas ramadhan tahun ini, karena para santri putra dan putri antusias mengikutinya dengan jiwa kompetitif yang penuh gairah dan semangat untuk menunjukkan yang terbaik.

Tujuan utama kita adalah membentuk lingkungan positif yang menumbuhkan jiwa bersaing dan tidak mau tertinggal dalam setiap pribadi santri Darul Istiqamah. Meneruskan anjuran agama yaitu ‘Fastabiqul Khoiroot‘ yang artinya agar kita berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk mengemban misi dakwah untuk meninggikan kalimat Allah. Agar dakwah kita tidak hanya dicap sebagai kata-kata atau slogan saja, maka setiap pribadi generasi muda umat Islam harus ikut mengambil andil dalam pembuktiannya dengan cara berani untuk berdakwah dengan baik dan sesuai syariat agama, menebar kebaikan-kebaikan di muka bumi ini dengan kelebihan-kelebihan yang ia miliki,” ungkap K.H. Hasan Basuni.

Hidup harus punya kelebihan yang bisa kita berikan kepada orang untuk mengamalkan ‘khoirunnaasi anfa’uhum linnaas‘, artinya sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia, dan itu tidak bisa kita lakukan kecuali kita punya kelebihan. Adanya kelebihan sama dengan wasilah atau penghubung dalam pengaplikasiannya. Dengan demikian, kita bisa memberikan manfaat dari diri kita dalam menegakkan Kalimat Allah Subhanahu wa Ta’ala,” sambung K.H. Hasan Basuni.

Inilah salah satu nilai dalam pendidikan di Darul Istiqamah. Agar kalian semua para santri putra dan putri mempunyai jiwa bersaing dan jiwa ingin lebih dari yang lain yang didasari dengan semangat untuk menebarkan kebaikan. Karena kalau tidak mempunyai jiwa bersaing tidak akan ada motivasi untuk meningkatkan dan untuk mencari kelebihan apa yang ada di dalam diri ini agar bisa bermanfaat bagi orang banyak. Sebagai evaluasi tambahan, pondok putra harus mengambil pelajaran dan mengevaluasi diri lagi karena ini sudah kali kedua mengalami kekalahan dengan pondok putri setelah sebelumnya dalam acara LP3 di tahun yang sama. Jangan menyerah sampai di sini, buktikan di ajang perlombaan selanjutnya pondok putra akan tampil lebih baik lagi dan merebut kembali piala-piala kemenangan tersebut,” tutup dan pesan K.H. Hasan Basuni kepada pondok putra.

Ketua Panitia Pelaksana Aktivitas Ramadhan 1445 H, Ustadz Fajerin, S.Pd, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan pondok dan ibu pengasuh serta seluruh dewan asatidz dan ustadzaat atas kontribusinya sehingga agenda tahunan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana penuh dan sampai di penghujung acara tanpa hambatan yang berarti. Kami ucapkan terima kasih kepada murabbi dan ummi serta asatidz wal ustadzaat atas semua dukungan yang diberikan. Semoga banyak manfaat dan kelebihan yang dapat kita rasakan dan ambil dari kegiatan ini,” ujar Ustadz Fajerin.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Do’a. Kemudian acara diakhiri dengan penampilan-penampilan dari juara 1 lomba aktivitas ramadhan serta pembagian hadiah dan foto bersama seluruh peserta aktivitas ramadhan 1445 H.

Penulis: Baqi
Editor: Ustadzah Kiki Mustaqimah, Lc
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA