Tiga Santriwati PPM Darul Istiqamah Tembus OSN Tingkat Provinsi Tahun 2023

Barabai (PPM Darul Istiqamah) – Tiga orang santriwati Pondok Pesantren Modern (PPM) Darul Istiqamah berhasil meraih juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten/kota jenjang SMP/MTs dan jenjang SD/MI tahun 2023 dan akan melaju ke tingkat provinsi kalimantan selatan pada tanggal 19-20 Juni 2023 jenjang SD/MI dan 27 Juni 2023 jenjang SMP/MTs mendatang secara online.

Ketiga santriwati tersebut atas nama Anida Syifa Azkia kelas VIII MTs meraih juara harapan 2 di OSN-K jenjang SMP/MTs pada bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Syifa Salsabila pemenang OSN-K pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta Gendis Prameswari Widodo meraih juara harapan 2 di OSN-K jenjang SMP/MTs pada bidang Matematika.

Nama-nama para pemenang diketahui berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 0982/J7.1/pn.01/2023 tentang Penetapan Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar Tahun 2023.

Pimpinan Pondok melalui Kepala Madrasah (Kamad) Tsanawiyah Darul Istiqamah Ustadzah Hanifah, S.Pd.I sangat bersyukur dari puluhan santri/santriwati yang mengikuti OSN-K tersebut ada nyangkut 3 santriwati yang menang pada bidang IPS, IPA dan Matematika.

“Alhamdulillah, dari 38 santri dan santriwati yang mengikuti OSN-K, 3 diantaranya berhasil membawa nama baik pondok pesantren dan madrasah,” tutur Ustadzah Hanifah saat dikonfirmasi Selasa (30/05/23) melalui Platform WhatsApp.

“Capaian pretasi dari tiga santriwati pada OSN-K tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi pondok dan madrasah terlebih lawannya pun juga dari SD, MI, SMP dan MTs yang memang kuat dan unggul. Kemenangan ini juga sebagai tolak ukur bagi kita warga pondok pesantren, bahwa santri dan santriwati kita pun mampu bersaing dengan sekolah- sekolah unggulan,” tambah Ustadzah Hanifah.

“Kami merasa bersyukur terhadap tiga santriwati kami yang bisa bersaing ke tingkat provinsi dalam OSN tahun 2023 ini. Kendati demikian, perjuangan mereka belum berakhir, masih ada tahap selanjutnya yang lebih penting yaitu memenangkan ajang OSN tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Kami juga akan mendukung penuh kepada santriwati yang berjuang dalam olimpiade ini,” ucap Ustadz Ahmad Rizqi Zaidi, S.Pd, selaku Kamad Madrasah Ibtidaiyah (MI) Plus Darul Istiqamah Barabai.

Senada dengan itu, Koordinator Lomba Akademik PPM Darul Istiqamah, Ustadzah Mawaddatur Rahmah, S.Pd menambahkan perlunya persiapan yang lebih baik lagi dan lebih optimal, karena peserta OSN tingkat provinsi kalimantan selatan ini merupakan peserta didik terpilih yang mahir dibidangnya masing-masing.

“Selamat kepada para santriwati yang akan berjuang ketingkat provinsi, semoga kalian mendapatkan hasil maksimal atas kerja keras kalian dalam belajar, dan semoga dengan kalian berjuang di ajang OSN ini menjadikan santri dan santriwati lain termotivasi dalam belajar,” harap Ustadzah Mawaddah.

Pemenang OSN, Syifa Salsabila tidak menyangka dirinya bisa meraih juara OSN-K bidang IPA tersebut. “Alhamdulillah kami senang dan bangga bisa membawa nama baik Darul Istiqamah,” kata Syifa.

Peraih juara harapan 2 bidang IPS jenjang SMP/MTs Anida Syifa Azkia menyadari kemenangan tersebut merupakan pilihan Allah, seyogyanya dirinya hanya mampu belajar dan berdo’a.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada pondok, ustadz dan ustadzah yang telah memfasilitasi kami untuk mengikuti olimpiade ini, serta mohon do’anya agar kami bisa kembali mengharumkan nama Darul Istiqamah di kancah provinsi hingga Nasional seperti para pendahulu,” beber Anida.

Penulis: MB
Editor: Ustadzah Lena Hanifah, SH, LLM, Ph.D
Foto: Copyright DARUL ISTIQAMAH MEDIA